23 November 2016

by Bambang Winarso

WhatsApp Uji Fitur Baru yang Mungkinkan Video Diputar Secara Online

Fitur baru ini memungkinkan pengguna menonton video tanpa harus mengunduh berkasnya terlebih dahulu

Facebook percaya bahwa konten video bakal menjadi masa depan internet. Raksasa jejaring sosial itu secara perlahan tapi pasti mulai menambahkan fitur yang terkait dengan video untuk layanan populernya satu per satu termasuk Messenger dan Instagram.

Aplikasi terakhir bahkan baru kemarin resmi memperoleh pembaruan fitur siaran langsung seperti halnya fitur Facebook Live di aplikasi utamanya. Dan menurut laporan terbaru, WhatsApp sudah mulai melakukan eksperimen fitur yang berhubungan dengan konten video streaming.

Pengujian fitur streaming video tersebut dilakukan di India, di mana sejumlah kecil pengguna mendapati fitur streaming sudah dapat digunakan di samping hadirnya pembaruan di sisi interface.

Menurut screenshot yang diterbitkan oleh AndroidSoul, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video langsung via streaming, tanpa harus mengunduh berkas terlebih dahulu. Pun begitu, ketika menerima sisipan video pengguna masih diberi 2 opsi: menonton secara langsung atau mengunduh video jika dirasa perlu.

Sampai saat ini, pengguna WhatsApp hanya dapat mengunduh video dan menontonnya secara lokal. Di pembaruan yang sedang diuji ini, WhatsApp memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk menonton video yang diterima secara online (streaming).

Saat video diputar, sebuah jendela player akan muncul lengkap dengan status buffering, waktu putar dan durasi video. Secara umum tampilan player tidak jauh berbeda dengan yang digunakan oleh WhatsApp saat ini. Dan jika pengguna lebih memilih untuk mengunduh video, WhatsApp telah menambahkan ikon download yang diltakkan di sebelah kiri bawah.

Saat ini WhatsApp masih menguji fitur ini di India. Facebook juga belum buka suara soal eksperimen yang dilakukan oleh WhatsApp. Tapi, jika nanti resmi, ini akan jadi penambahan yang cukup menggembirakan bagi pengguna setia WhatsApp. Apalagi jika dilengkapi dengan fitur siaran langsung seperti halnya fitur baru Instagram.

Sumber gambar header Pixabay.