Dukungan WhatsApp untuk BlackBerry OS seharusnya dihentikan pada bulan Desember tahun lalu. Tapi, mempertimbangkan beberapa hal WhatsApp memutuskan untuk memperpanjang nafas di sejumlah platform termasuk BlackBerry OS. Tapi, cepat atau lambat “mimpi buruk” itu akan tiba, dan tampaknya WhatsApp sudah mantap menutup dukungannya pada akhir bulan Juni ini.

Tak hanya BlackBerry, di hari yang sama WhatsApp juga akan menghentikan dukungannya untuk beberapa platform, antara lain BlackBerry 10, Nokia S40 dan juga Nokia S60 sebagaimana dikonfirmasi oleh laman resminya. Di laman tersebut WhatsApp tak lupa menyarankan pengguna dengan perangkat berbasis OS yang disebutkan di atas untuk segera beralih ke perangkat yang lebih baru atau melakukan peningkatan sistem operasi.

Dalam keterangannya,WhatsApp mengatakan bahwa platformplatform tersebut tidak lagi menawarkan kapabilitas yang dibutuhkan untuk mendukung perluasan fitur aplikasi di masa mendatang.

Pangsa pasar mobile OS di Q3 2009
Pangsa pasar mobile OS di Q3 2009
Pangsa pasar mobile OS di Q4 2015
Pangsa pasar mobile OS di Q4 2015

Apapun alasan yang dikemukakan oleh WhatsApp, kita semua tak bisa mengelak dari fakta bahwa pangsa pasar industri mobile telah berubah, tak terkecuali platform yang diadopsi. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Statista, BlackBerry masih memegang 20% pangsa pasar mobile OS pada kuartal ketiga tahun 2009 bertepatan dengan lahirnya WhatsApp. Tapi seiring berjalannya waktu, di kuartal keempat tahun 2015, pangsa pasar BlackBerry anjlok hingga hanya menyisakan 0,2%. Ini data di pasar global yang sudah barang tentu menjadi alasan yang sangat kuat mengapa WhatsApp akhirnya tak mau direpotkan menggarap pembaruan untuk persentase sebesar itu.

Sumber berita MobileSyrupWhatsApp dan gambar header huffingtonpost.