Categories

Mobile

Whatsapp Untuk iOS Dapatkan Update Besar-Besaran

Aditya Daniel - 6 August 2015

Aplikasi pesan instan yang hampir tersedia di setiap platform sistem operasi mobile, Whatsapp, baru saja menghadirkan update terbaru aplikasi untuk iOS ke versi 2.12.5. Tak hanya optimasi dan perbaikan performa aplikasi, Whatsapp juga menghadirkan sejumlah fitur baru bagi para pengguna aktifnya.

Dari informasi halaman App Store pada iOS, disebutkan bahwa Whatsapp versi terbaru kini memungkinkan Anda untuk menandai sebuah pesan sebagai yang sudah dibaca dengan melakukan swipe ke arah kanan dari chat list yang ada.

whatsapp-update (3)

Selain itu, Whatsapp juga menambahkan pengaturan mute dan notifikasi untuk masing-masing chat yang Anda miliki. Swipe salah satu percakapan di chat list Anda ke arah kanan, akan muncul pilihan More serta Archive. Pilihan More akan menampilkan pengaturan lain seperti Mute/Unmute, Clear Chat, Email Chat atau Delete Chat untuk menghapus seluruh percakapan.

Info Menarik: Ada Wajah Baru Saat Menelpon dari Viber

Kini berbagi lokasi menggunakan Whatsapp juga semakin mudah karena Anda sekarang bisa membagikan sebuah alamat dari Apple Maps maupun kontak ke lawan bicara Anda yang menggunakan Whatsapp. Nomor kontak yang diterima bisa Anda simpan atau langsung digunakan untuk berkirim pesan.

Pesaing Whatsapp di segmen pesan instan, Viber baru saja menghadirkan fitur yang mampu menghemat penggunaan paket data internet yang digunakan. Seolah tak ingin ketinggalan, di versi terbarunya, Whatsapp juga menghadirkan pengaturan untuk menghemat pemakaian paket data internet dalam bertelepon menggunakan Whatsapp. Pengaturan ini bisa Anda aktifkan melalui menu Settings > Chat anda Calls dan aktifkan di menu Low Data Usage.

whatsapp-update (1)

Whatsapp memang telah sejak lama menghadirkan fitur backup namun terbatas untuk pesan serta gambar yang dikirimkan. Nah, pada versi terbarunya ini Anda sudah bisa mem-backup video yang terdapat dalam percakapan yang dimiliki.

Info Menarik: Xiaomi Siap Gelar Acara Tanggal 16 Agustus Mendatang?

 

Namun ada baiknya untuk menggunakan WiFi ketika ingin mem-backup pesan Whatsapp agar kuota tak terkuras abis. Pengaturan ini bisa Anda aktifkan melalui menu Settings > Chat and Calls > Chat Backup.

whatsapp-update (2)

Selain penambahan fitur-fitur tersebut, Whatsapp juga meningkatkan kestabilan serta performa aplikasinya. Perbaikan kecil yang menurut saya cukup berguna pada update kali ini adalah, kini riwayat pesan sebelumnya akan otomatis terbuka ketika Anda scroll ke bawah. Tak perlu menekan tombol “Load earlier messages” seperti versi sebelumnya.

Persaingan di ranah aplikasi pesan instan memang cukup ketat. Whatsapp harus bersaing dengan Viber, Line, KakaoTalk, hingga BBM dan masih banyak lagi aplikasi pesan instan serupa. Selain inovasi, reliabilitas layanan juga menjadi penting agar mampu menarik minat banyak pengguna. Sebagai catatan, Whatsapp kini memiliki 800 juta pengguna aktif sedangkan Viber mencatatkan 500 juta pengguna.

Sumber: App Store dan iDownloadblog. Sumber gambar: Denys Prykhodov/Shutterstock.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter