Update terbaru kembali digulirkan oleh pengembang aplikasi pesan instan populer, WhatsApp. Ditujukan untuk perangkat iOS, pembaruan anyar tersebut menghadirkan tambahan fitur album, filter dan juga jalan pintas reply pesan. Pembaruan ini digulirkan tak lama setelah Apple secara resmi menghadirkan iOS 11 dan sejumlah perangkat baru.

WhatsAppAlbums

Fitur Albums dihadirkan untuk mempermudah pengguna dalam mengirim atau menerima beberapa buah foto atau video secara sekaligus. Sesuai penamaannya, Albums merupakan koleksi foto yang secara otomatis dibuat yang sekaligus potongan jendela tepat di dalam pesan. Ketika potongan gambar tersebut disentuh, ia akan menampilkan lagi kumpulan gambar atau video yang tersimpan di dalamnya dalam modus layar penuh.

Berikutnya, WhatsApp juga menghadirkan fitur filter bagi mereka pengguna iOS. Fitur ini memberikan cara baru dalam menyemarakkan hasil jepretan dengan menambahkan filter ke dalam foto dan GIF yang dibidik dengan kamera aplikasi. Pilihan filter dapat diterapkan hanya dengan menggeser layar ke samping sesaat setelah foto dijepret. Selanjutnya foto bisa dibagikan atau sekadar disimpan untuk koleksi pribadi.

Terakhir, WhatsApp memperkenalkan fitur Reply Shortcut, fitur yang berfungsi untuk jadi jalan pintas cepat dalam membalas pertanyaan tertentu di dalam pesan. Dengan fitur ini, tidak akan ada lagi salah paham saat harus menjawab lebih dari satu pertanyaan. Dan tentu, selain ketiga fitur baru di atas, WhatsApp juga melakukan beberapa perbaikan untuk meningkatkan performa aplikasinya.

Bagi iOS, ini adalah pembaruan menggembirakan ke sekian setelah sebelumnya WhatsApp juga merancang ulang menu tab Calls dan Contact info serta menghadirkan dukungan Siri yang memungkinkan sang asisten virtual untuk membaca pesan dengan keras. Sayang, WhatsApp belum memastikan kapan pembaruan serupa bakal digulirkan ke platform Android.

Sumber berita Techcrunch, Ubergizmo dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.