Categories

Mobile

WhatsApp Versi iOS Bakal Dukung Gambar Berformat GIF

Sayang dukungan ini baru sebatas tautan, namun bisa berubah ketika versi finalnya dirilis

Bambang Winarso - 9 June 2016

Aplikasi pesan instan kepunyaan Facebook, WhatsApp dikabarkan sedang menggodok fitur baru yang nantinya bakal membuat aplikasi berbasis iOS mendukung gambar berjenis gif. Tapi jangan terlalu senang dulu, sebab disebutkan pula bahwa dukungan gif di WhatsApp tidak akan senyaman dan selengkap iMessage, Messenger dan Twitter.

@WABetaInfo, akun Twitter yang menangkap perkembangan versi beta WhatsApp, mengatakan bahwa WhatsApp terbaru nantinya akan mendukung sisipan gambar gif dari tautan ke percakapan dan memutar otomatis secara default. Tapi, untuk saat ini baru cara itu yang bisa diterima oleh WhatsApp, tidak mencakup unggahan gambar gif dari perangkat atau kamera, jika bersikeras ingin tetap membagikan gambar tersebut, pengguna mendapatkan opsi lain dengan cara mengonversinya menjadi format gambar konvensional. Artinya,ia tidak akan bergerak layaknya gambar gif.

Untuk saat ini, fitur yang baru akan dihadirkan di WhatsApp versi 2.16.7.1 terkesan merepotkan. Pasalnya, untuk mengirim gambar berformat gif, ada proses panjang yang harus dilalui. Dan jika Anda tidak memiliki aplikasi pencarian gambar GIF, misalnya keyboard Gboard buatan Google, maka Anda harus menemukan gambarnya terlebih dahulu dari browser atau aplikasi lain, baru kemudian menyalin tautannya ke WhatsApp.

Belum ada bocoran kapan WhatsApp versi baru ini bakal dilepas ke pengguna iOS. Sementara itu dalam bocoran changelog yang merebak, juga menyinggung soal tambahan fitur enkripsi dan 3d Touch untuk gambar gif.

Sumber berita Thenextweb dan gambar header KreativaStudio.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter