Categories

Gadget

Whatsapp Bisa Voice dan Video Call Berdelapan!

Masih mengunakan beta dan sebentar lagi akan ada update dari Whatsapp

Dimas Galih W. - 22 April 2020

Whatsapp saat ini merupakan aplikasi komunikasi via teks yang paling banyak digunakan. Selain digunakan untuk bertukar teks, Whatsapp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara mau pun video. Hal ini tentu saja membuat para pengguna aplikasi gratis ini bisa menghemat biaya komunikasi!

Whatsapp sendiri sudah menelurkan kemampuan untuk melakukan panggilan suara semenjak tahun 2015 lalu. Dan pada tahun 2018 lalu, kemampuan panggilan suara serta video ditingkatkan lagi menjadi panggilan grup. Satu grup bisa berkomunikasi dengan total empat orang.

Whatsapp-Call

Sekarang, ternyata Whatsapp meningkatkan kemampuan untuk melakukan panggilan suara dan video dengan lebih banyak orang lagi. Whatsapp menambah limit dari panggilan suara dan video menjadi total delapan orang. Hal ini tentu saja mempermudah semua orang yang bekerja dengan sebuah tim kecil pada masa kerja di rumah.

Saya pun melakukan percobaan dengan video call ke delapan orang teman. Hasilnya ternyata sangat memuaskan. Panggilan video yang dihadiri oleh 7 teman saya tersebut tidak terasa lag sama sekali. Padahal, sekitar tiga orang menggunakan koneksi 4G . Namun suara serta gambar yang dihasilkan tidak terputus-putus!

Panggilan grup dengan delapan peserta ini ternyata harus menggunakan aplikasi Whatsapp Beta. Aplikasi ini sendiri diperbarui setiap hari oleh Whatsapp kepada para penggunanya yang mendaftarkan sebagai beta tester. Dan pengguna Android ternyata tidak perlu menjadi tester beta untuk mendapatkan apk Whatsapp terbaru tersebut.

Whatsapp sendiri sudah menyediakannya langsung pada situs resminya. Sayang memang, para pengguna iPhone yang tidak menjadi beta tester harus menunggu sedikit lebih lama lagi. Untuk pengguna Android, aplikasi Whatsapp yang bisa digunakan untuk panggilan delapan peserta mulai dari versi 2.20.135. Saya mencoba versi 2.20.133 dan masih gagal untuk mengundang lebih dari tiga peserta.

WA Call 8 peserta

Cara untuk melakukan panggilan grup juga sangat mudah. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Masuk ke tab CALL lalu klik tombol telepon yang ada di bawah, lalu pilih New Group Call. Pilihlah tujuh orang yang ingin diundang untuk berbicara.
  2. Jika ingin melakukan panggilan ke anggota sebuah grup chat, Anda tinggal menekan icon telepon pada sisi kanan atas dan pilih anggota yang ingin diundang

WA CAll 8 Peserta - Pilih kontak

Hal yang perlu diingat adalah semua peserta harus ada didalam daftar kontak Whatsapp Anda. Jika ada orang yang tidak termasuk dalam daftar kontak, Anda harus meminta salah satu anggota grup untuk mengundangnya.

Lalu bagaimana jika Anda sudah menggunakan versi beta terbaru dan tidak dapat melakukan panggilan dengan delapan peserta? Ada tiga hal yang bisa dilakukan

  1. Anda bisa meminta salah satu teman untuk mengundang Anda ke dalam sebuah video atau voice call dengan jumlah anggota lebih dari empat. Cara ini memancing aplikasi Whatsapp untuk membuka fitur baru pada perangkat Anda.
  2. Melakukan backup dan uninstall Whatsapp. Lalu instalasikan kembali dan lakukan restore chat. Biasanya Whatsapp akan melakukan download feature terbaru sehingga panggilan ke delapan orang ini dapat Anda gunakan.
  3. Jika nomor 1 dan 2 masih gagal, maka bersabarlah. Whatsapp juga membuka fitur baru ini secara bergantian. Pada waktunya, Whatsapp akan membuat fitur baru ini menjadi resmi sehingga bisa digunakan oleh semua pemakai.

Yuk, mari kita coba fitur baru dari Whatsapp tersebut.

Sumber: WABetaInfo

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter