21 July 2017

by Glenn Kaonang

Ringkas dan Solid, WhiteFox Bisa Menjadi Keyboard Mekanik Idaman Non-Gamer

Mengisi kategori yang didominasi oleh keyboard gaming berdesain norak

Sebagian besar keyboard mekanik yang ada di pasaran merupakan keyboard gaming, padahal tidak semua penggunanya adalah seorang gamer. Konsumen non-gamer pun otomatis tidak punya banyak pilihan, tapi berkat dedikasi komunitas keyboard enthusiast bernama Input Club, mereka bisa mendapatkan keyboard mekanik idamannya.

Keyboard tersebut bernama WhiteFox, dan ia saat ini sedang mendekati masa akhir kampanyenya di Kickstarter. Saya katakan idaman karena ia memenuhi banyak kriteria yang mayoritas konsumen cari dari sebuah keyboard: berdimensi ringkas, tahan banting, dan tentu saja mampu menyuguhkan feel mengetik yang nyaman berkat penggunaan switch mekanik.

WhiteFox mengadopsi desain tenkeyless (tanpa numpad), membuatnya terasa begitu ringkas. Sasisnya dibuat dari aluminium utuh, dan masing-masing tombolnya tampak melayang di atas bodi yang terkesan solid itu. Tombolnya ini dibuat dari plastik PBT yang terkenal akan durabilitasnya. Lebih lanjut, tiap-tiap label di atasnya dijamin tak akan pudar.

Performanya didukung oleh Halo Mechanical Switch yang dikembangkan sendiri oleh Input Club. Ada dua tipe yang ditawarkan: Halo True yang tactile dan Halo Clear yang bisa dikatakan sebagai hasil kawin silang Halo True dan Cherry MX Clear. Di samping itu, pengembangnya juga menawarkan WhiteFox dengan switch Kaihua Blue yang lebih mainstream.

Keistimewaan WhiteFox rupanya belum berhenti. Masing-masing tombolnya ternyata dapat diprogram sesuai kebutuhan, dan memprogramnya ini hanya sesimpel membuka situs dan menghadapi interface visual yang mudah sekali dinavigasikan.

Input Club tidak lupa menegaskan kalau WhiteFox merupakan proyek open-source, yang berarti semua orang sebenarnya bisa membuat keyboard WhiteFox-nya sendiri. Kemunculannya di Kickstarter hanya untuk mempermudah mereka yang ingin menerima WhiteFox dalam bentuk siap pakai.

Konsumen yang tertarik saat ini masih bisa memesan WhiteFox lewat Kickstarter seharga $169. Tersedia pula varian berwarna hitam dengan aksen merah bernama Nightfox yang dibanderol $20 lebih mahal.