28 October 2013

by Yoga Wisesa

WiFi Passport, Layanan Hotspot Internet Gesit Untuk Android Persembahan Google

Jumlah penduduk Indonesia yang tinggi, khususnya di ibukota Jakarta, menyimpan potensi yang sangat besar. Setelah membuka kantor cabangnya di Jakarta, meluncurkan dashboard YouTube khusus Indonesia, kini Google mengenalkan layanan internet praktis untuk pengguna smartphone dan tablet Android bernama WiFi Passport.

WiFi Passport adalah metode online yang cepat dan terjangkau dimana untuk segera tersambung ke internet Anda hanya perlu mengisi voucher, log-in ke akun Google, memasukkan kode via hotspot terdekat. Google menjanjikan bahwa WiFi Passport akan jauh lebih cepat dibandingkan koneksi 3G biasa dengan sangat mudah: tidak perlu lagi berkali-kali memasukkan password atau melakukan registrasi ulang di portal web.

Jadi bagaimana cara menggunakannya? Buka Google Play dan instal aplikasi WiFi Passport di device Anda. Setelah selesai, tetaplah online dan luncurkan aplikasi ini. Silakan masuk ke akun Google Anda. Kemudian dapatkan voucher WiFi Passport di outlet-outlet resmi Indomog (7 Eleven, Circle K, Carefour, Lawson, Hypermart, Ramayana dan lain-lain). Di dalam aplikasi ini masukkan kode voucher yang telah Anda dapatkan, Anda bisa melalukannya via koneksi mobile data ataupun hotspot publik.

Kemudian saat Anda terhubung ke hotspot WiFi Passport, Anda dapat memulai berinternet dengan menekan tombol 'Connect'. WiFi Passport akan memberi tahu Anda jika Anda tidak berada dalam jangkauan layanan ini. Kini Anda bisa terkoneksi selama 24 jam ke depan saat berada dalam jangkauan hotspot WiFi Passport.

Dengan membeli sebuah voucher, Anda mendapatkan kuota sebesar 3GB untuk mengunduh musik, video foto dan konten lain selama satu hari - atau 7GB selama seminggu dan 10GB selama tigapuluh hari. Hotspot-hotspot WiFi Passport sudah tersedia di puluhan lokasi di area Jabodetabek. (Silakan lihat lokasi detailnya via laman Wifi Passport)

Tiap set angka yang Anda dapatkan dari voucher berlaku selama 24 jam. Jika waktunya habis, Anda tinggal pergi ke hotspot WiFi Passport terdekat, tekan tombol 'Connect' di app ini dan Anda akan kembali terhubung selama 24 jam.

Voucher WiFi Password ini ditawarkan Indomog dengan harga sangat murah: Rp 20.000 untuk internet selama 20 hari dan Rp 50.000 untuk 50 hari internet. Voucher memiliki waktu kadaluarsa 60 hari setelah pengaktifan.

Layanan sejenis ini bukanlah layanan jenis baru - Telkom telah mengenalkan WiFi.id miliknya tidak lama lalu - namun WiFi Passport didukung oleh merek serta pengalaman Google. Saya penasaran bagaimana perkembangannya dalam beberapa waktu ke depan.

Apakah Anda tertarik menggunakan WiFi Passport dari Google ini? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

Dapatkan alikasinya di sini.