1. Startup

Wikimedia Kembali Adakan Kompetisi Menulis Bahasa Jawa

Wikimedia kembali menyelenggarakan kompetisi menulis di situs Wikipedia bahasa Jawa bertajuk “Papat Limpad”. Papat Limpad yang berarti “Empat Juara” diselenggarakan untuk memperkaya artikel di Wikipedia bahasa Jawa. Proyek ini diselenggarakan bekerja sama dengan 6 perguruan tinggi yang mempunyai jurusan bahasa Jawa yakni  IKIP PGRI Semarang, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI),Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kompetisi Papat Limpad 2012 diadakan selama hampir satu tahun mulai 7 Mei 2012 sampai April 2013. Selama jangka waktu tersebut, peserta kompetisi yang berjumlah 150 orang dari 6 perguruan tinggi, diminta untuk menulis artikel berbahasa Jawa untuk Wikipedia. Artikel yang ditulis haruslah mempunyai gaya penulisan yang ensiklopedis dan sesuai kaidah bahasa Jawa. Karya dan aktivitas peserta akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari gabungan panitia, dosen UNNES, dan juga perwakilan dari pengguna Wikipedia Bahasa Jawa.

Direktur Proyek "Papat Limpad 2012", Nunung Martina, dikutip dari Republika, mengatakan bahwa pada akhir kompetisi akan diumumkan 4 pemenang. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang 500 Euro. Dana tersebut berasal dari hibah bersama antara Wikimedia Indonesia dan organisasi mitra yaitu Wikimedia Swiss dan Wikimedia Perancis.

Pada penyelenggaraan Papat Limpad 2011 tahun lalu, Wikipedia bahasa Jawa berhasil menjaring sekitar 2000 artikel. Pada tahun ini, diharapkan jumlah artikel bisa bertambah karena peserta yang mengikuti kompetisi ini juga semakin bertambah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again