Fitur Baru Wikipedia, Tak Perlu Klik untuk Meninjau Isi Tautan

Fitur Baru Wikipedia, Tak Perlu Klik untuk Meninjau Isi Tautan

Sudah tersedia di Wikipedia bahasa Inggris versi desktop
Tampilan fitur Page Previews / Wikimedia
Tampilan fitur Page Previews / Wikimedia

Dalam suatu artikel Wikipedia, pastinya ada banyak tautan menuju ke artikel lainnya. Buka salah satu tautan tersebut, maka Anda bisa mendapat konteks yang lebih lengkap mengenai sesuatu yang sedang Anda pelajari itu.

Namun pada prakteknya, saya sering ‘kehilangan arah’ akibat tautan-tautan ini. Niatnya mendapat konteks yang lebih lengkap, yang ada malah lupa awalnya membaca artikel yang mana akibat terlalu asyik mengklik tautan demi tautan.

Beruntung Wikipedia sudah punya solusinya dalam bentuk fitur bernama Page Previews. Berkat fitur ini, kita tak perlu mengklik tautan guna meninjau isinya. Cukup arahkan kursor mouse ke tautannya, maka akan muncul jendela kecil berisi sepotong ringkasan dari artikel yang bersangkutan.

Wikipedia Page Previews

Semisal Anda sedang membaca artikel mengenai Mona Lisa, lalu Anda tiba pada kalimat yang menyebut nama “Lisa Gherardini”, Anda hanya perlu mengarahkan kursor ke nama tersebut untuk mengetahui bahwa wanita yang wajahnya diabadikan ke lukisan itu berasal dari keluarga bangsawan. Kalau ingin tahu lebih lanjut, cukup klik tautannya seperti biasa.

Page Previews sekarang sudah bisa dinikmati saat mengakses Wikipedia bahasa Inggris lewat perangkat desktop. Harapannya, fitur ini bisa membantu memudahkan navigasi dalam Wikipedia. Namun seandainya Anda tidak suka, ada opsi untuk menonaktifkan fiturnya.

Sumber: Wikimedia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…