1 November 2018

by Lukman Azis

Wiko Umumkan Tommy3 dan Varian Plus-nya, Pertama dengan Virtual SIM Card

Wiko Tommy3 series merupakan smartphone pertama di Indonesia yang dilengkapi fitur virtual SIM card

Lama tak terdengar kabarnya, hari ini (1/11/2018) Wiko kembalu muncul dan meresmikan dua smartphone terbaru mereka di Indonesia yakni Wiko Tommy3 dan varian Plus-nya.

Bagian paling unik yang ditawarkan oleh Wiko Tommy3 series ialah ponsel pintar ini mengusung teknologi virtual SIM card yang pertama di Indonesia dengan menggandeng Skyroam SIMO, sebagai perusahaan solusi akses internet.

Dengan teknologi virtual SIM card, memungkinkan Tommy3 series terhubung ke internet meskipun tanpa kartu SIM dan WiFi. Jadi, di smartphone tersebut telah tertanam aplikasi dari Skyroam SIMO.

Bila diaktifkan, Skyroam SIMO akan secara otomatis mencari jaringan 4G paling stabil sesuai lokasi pengguna dan layanan ini bisa dinikmati di 130 negara. Khusus untuk pengguna Tommy3 series, mereka akan mendapatkan kuota data gratis dari Skyroam SIMO 1GB/bulan selama 6 bulan. Setelah habis kuota habis, Anda dapat melakukan top up dan pembayarannya bisa melalui PayPal.

Lalu, bagaimana untuk layanan telpon, sms, dan internet dari operator di Indonesia? Tenang saja, meski Tommy3 series mengusung teknologi virtual SIM card, bukan berarti tidak dibekali slot SIM card.

Dua slot SIM card dan slot microSD bisa diakses di balik back cover yang bisa dilepas. Baterai kedua smartphone Wiko ini juga dapat dilepas.

Wiko Tommy3 Pro

Wiko Tommy3 Plus dibanderol dengan harga Rp1.499.000 dan tersedia dalam lima pilihan warna yaitu anthracite (black), mirror, anthracite matte, gold, cherry red, dan bleen.

Khusus untuk tanggal 1-3 November 2018, Tommy3 Plus bisa didapatkan dengan harga Rp1.299.000 melalui flash sale di Tokopedia.

Soal tampilan, meski belum mengusung desain unibody - Tommy3 Plus tetap tampil modern. Berkat adopsi FullView display dengan aspek rasio 18:9, layar 5,45 inci, resolusi HD+ (1440x720 piksel), dan back cover yang dibuat dengan laser coating technology sehingga tampil glossy dan mewah.

Lebih lanjut, Tommy3 Plus dibekali kamera utama 13-megapixel dengan mode auto scene detection dan mode portrait. Sementara, kamera depannya 5-megapixel untuk selfie, video call, serta face unlock yang didukung dengan teknologi liveness detection.

Spesifikasi lainnya, smartphone Android 8.1 Oreo ini ditenagai chipset MediaTek MT6739 WA yang terdiri dari CPU quad-core 1,3GHz, didukung RAM 2GB, storage 16GB, dan baterai 2.900 mAh.

Wiko Tommy3

Smartphone ini menjalankan program Android Go versi 8.1 Oreo, chipset dan storage yang digunakan sama seperti varian Plus-nya, tetapi besaran RAM-nya hanya 1GB.

Kemudian layar 5,45 inci-nya hanya disokong resolusi FWVGA+ (960x480 piksel), kamera belakang 8-megapixel, kamera depan 5-megapixel, dan baterai 2.500 mAh.

Wiko Tommy3 dibanderol dengan harga Rp999.000 dan tersedia dalam empat pilihan warna yaitu anthracite, gold, bleen, dan cherry red.

Satu lagi, setiap pembelian Wiko Tommy3 dan varian Pro-nya. Anda mendapatkan jaminan kerusakan 120 hari ganti baru sejak tanggal pembelian. Namun garansinya tidak berlaku untuk kerusakan yang terjadi karena kesalahan penggunaan.