Windows 10 Mobile RTM dan Daftar Lumia yang Akan Mendapatkan Pembaruan

Windows 10 Mobile RTM dan Daftar Lumia yang Akan Mendapatkan Pembaruan

Windows 10 Mobile siap digunakan konsumen umum
trl-1-1
trl-1-1

Peluncuran Microsoft Lumia 950 dan 950 XL sepertinya akan menandai dimulainya usaha Microsoft untuk mengenalkan Windows 10 Mobile. Microsoft mulai gencar melakukan peluncuran di beberapa negara, disertai diskon di toko aplikasi Windows Store dan penjualan dock khusus untuk mendukung fitur Continuum yang dapat mengubah smartphone menjadi memiliki tampilan ala tablet.

Bagi pengguna smartphone Lumia lainnya (selain Lumi 950 dan 950 XL), mungkin akan bertanya-tanya kapan sebenarnya update Windows 10 Mobile versi yang siap digunakan konsumen akan hadir.

Meskipun saat ini Microsoft tidak lagi menggunakan istilah RTM (release to manufacturing) untuk menandai versi sistem operasi yang diberikan ke rekanan hardware untuk dijual ke konsumen, namun laman dukungan Microsoft secara jelas menyatakan bahwa tanggal 16 November 2015 dukungan terhadap Windows 10 Mobile untuk bisnis dan konsumen sudah dimulai. Di laman tersebut juga disampaikan bahwa akhir dukungan akan terjadi pada tanggal 8 Januari 2019.

trl-1-1

Melihat fakta tersebut maka versi build 10586 yang dihadirkan tanggal 18 November lalu yang dirilis bersamaan dengan versi Windows 10 November Update merupakan versi RTM, yang artinya merupakan versi yang siap untuk digunakan oleh konsumen umum.

Versi ini hadir membawa banyak perbaikan dari bug yang sebelumnya diidentifikasi serta beberapa peningkatan seperti kemampuan memindahkan aplikasi dari internal storage ke SD card tanpa membuat aplikasi rusak, perbaikan Skype dan pembaruan di halaman Start.

Melalui halaman resminya juga, Microsoft mengumumkan pula beberapa perangkat lumia yang akan segera mendapatkan upgrade gratis. Lumia yang dipastikan akan mendapatkan upgrade ini adalah :

  • Lumia 430
  • Lumia 435
  • Lumia 532
  • Lumia 535
  • Lumia 540
  • Lumia 635 (1 GB RAM)
  • Lumia 640
  • Lumia 640 XL
  • Lumia 735
  • Lumia 830
  • Lumia 930

Microsoft menjanjikan update untuk perangkat Lumia lainnya namun tetap mensyaratkan minimal kapasitas penyimpanan 8 GB. Namun untuk perangkat dengan spesifikasi yang lebih rendah bisa jadi fitur dari Windows 10 Mobile yang tersedia dapat bervariasi seperti kemungkinan tidak akan bisa menggunakan layanan Windows Hello ataupun Continuum.

Untuk Lumia 950 sendiri, Microsoft telah siap untuk menjualnya di Indonesia, pemesanan untuk perangkat ini telah dibuka, penjualan oleh Erafone. Pengguna Lumia lain tentu menanti tidak sabar untuk kehadiran Windows 10 Mobile, meski bisa jadi sebagian sudah mulai mencobanya dengan mengkuti program Windows Insider Program.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…