4 December 2015

by Bambang Winarso

ROM Windows 10 Mobile untuk Mi 4 Sudah Bisa Diunduh

Bagi pengguna yang merasa kurang sreg, bisa kembali ke MIUI dengan cara melakukan flash ulang.

Xiaomi, mendapat bantuan dari Microsoft pada hari Kamis waktu setempat mengumumkan ketersediaan ROM Windows 10 Mobile untuk smartphone Android unggulannya, Mi 4 versi 4G LTE. Namun untuk sementara varian Mi 4 non 4G LTE yang dilepas ke India belum dapat mencicipi ROM ini.

Dalam postingan forum yang tulis oleh moderatornya, Xiaomi memberikan panduan dan juga tautan untuk mengunduh tool yang diperlukan, yakni flash tool dan ROM itu sendiri. Pengguna yang tertarik untuk mencoba dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan diwajibkan mendaftarkan diri ke Windows Insider Program. Namun Xiaomi juga memberikan peringatan penting yang mengatakan bahwa ROM ini masih mempunyai potensi bugs, resiko ditanggung sendiri.

ROM Windows 10 Mobile sendiri sudah dikembangkan sejak kurang lebih sembilan bulan lalu. Selama itu pula Microsoft dan Xiaomi bekerjasama membuat ROM yang dapat berjalan dengan baik di Mi 4. Klimaksnya beberapa hari yang lalu, Li Bin secara terang-terangan mengatakan segera meluncurkan ROM pada 3 Desember dan itu terbukti.

ROM ini menghadirkan pengalaman baru a la Windows 10 bagi pemiliki Xiaomi Mi 4, tapi fitur apa saja yang dibawa, apakah akan selengkap sistem operasi Windows 10 Mobile aslinya atau hanya menyuguhkan tampilannya saja. Semua pertanyaan itu saat sepenuhnya adalah misteri yang belum terjawab, sebagaimana pertanyaan soal seberapa banyak pengguna Mi 4 yang rela memasang ROM ini di ponselnya.

Tapi untuk mengantisipasi pengguna yang kurang suka, Xiaomi menjamin pengguna dapat dengan mudah kembali ke MIUI dengan cara melakukan flash ulang lewat prosedur yang juga sangat mudah. Detail ROM lain-lainnya dapat dibaca di forum resmi MIUI di sini.

Sumber berita MIUI.