1. Lifestyle

Windows 10 Kedatangan Update Besar Pertamanya

Bawa sederet penyempurnaan baik dari segi tampilan, fitur maupun performa

Pada masa pengumumannya, Microsoft sempat menyebutkan bahwa Windows 10 merupakan iterasi terakhir dari sistem operasi besutannya. Maksudnya, ke depannya tidak akan ada Windows 11, Windows 12 atau malah Windows 2020. Sebagai gantinya, Microsoft akan merilis update secara berkala untuk terus menyempurnakan Windows 10.

Kini update besar pertama untuk Windows 10 telah hadir. Update yang dikenal oleh komunitas geek dengan codename "Treshold 2" ini membawa sejumlah revisi, baik dari sisi tampilan maupun fitur. Melalui update ini, Microsoft juga mengaku bahwa Windows 10 sudah cukup matang untuk direkomendasikan ke berbagai organisasi, seperti yang disampaikan pada blog resmi Windows.

Dari segi tampilan, perubahannya tidak terlalu banyak, tapi masih cukup mencolok. Title bar di setiap window kini punya warna tersendiri, sedangkan context menu yang biasa kita akses dengan klik kanan sekarang berukuran lebih besar dan berwarna lebih gelap, sehingga tampak lebih harmonis dengan tema Windows 10 secara keseluruhan.

Performa juga mendapat perhatian penting dari Microsoft. Lewat update ini, proses booting yang diperlukan Windows 10 diyakini 30 persen lebih cepat daripada Windows 7, meski perangkatnya sama persis.

Penambahan fitur yang cukup menarik ada pada Cortana. Sebelumnya, pengguna wajib login menggunakan akun Microsoft jika mau memperkerjakan asisten virtual tersebut. Sekarang, pengguna tetap bisa memanggil Cortana meski sedang memakai akun lokal, alias tidak usah login menggunakan akun Microsoft.

Buat pengguna tablet, Cortana kini bisa memahami tulisan yang Anda buat menggunakan stylus. Jadi semisal Anda menulis nomor telepon seseorang, Cortana bisa langsung menawarkan untuk membuatkan reminder sehingga Anda tak lupa menghubunginya di keesokan hari. Sayang sekali, fitur ini sejauh ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di AS saja.

Pembaruan selanjutnya diterima oleh Microsoft Edge, dimana performa dan keamanannya telah ditingkatkan, plus ada fitur tab preview yang memungkinkan Anda untuk melihat isi sebuah tab hanya dengan mengarahkan kursor mouse. Tidak ketinggalan pula fitur sinkronisasi Favorites dan Reading List antara satu perangkat dengan yang lainnya.

Terakhir, update ini juga menghadirkan aplikasi baru buat Windows 10, yaitu aplikasi Messaging yang bisa diunduh dari Windows Store. App ini membawa integrasi Skype, yang berarti Anda tak perlu mengunduh aplikasi Skype secara terpisah kalau hanya jarang-jarang memanfaatkan fitur audio maupun video call-nya.

Untuk meng-update, Anda bisa langsung mendapatkannya lewat Windows Update. Besar kemungkinan update-nya sudah diunduh, tapi semuanya tergantung pengaturan yang Anda buat di Settings.

Sumber: The Verge. Gambar header: Windows 10 via Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again