Categories

Misc

Microsoft Uji Pencarian Berbasis AI pada Aplikasi Photos Bawaan Windows 10

Mencari gambar yang diinginkan dari koleksi berisi ribuan jadi lebih mudah karena AI bisa mengenali objek maupun wajah seseorang yang tertangkap

Glenn Kaonang - 1 August 2017

Aplikasi Photos bawaan Windows 10 bakal jadi lebih mirip dengan Google Photos ke depannya. Bukan dari segi tampilan atau cara kerjanya, tapi dari segi mekanisme pencarian pintar yang mengandalkan bantuan artificial intelligence (AI).

Microsoft saat ini tengah menguji fitur tersebut melalui versi preview terbaru Windows 10 yang dikirim ke para Insider. Dari segi tampilan perubahannya tidak banyak, hanya ada kotak pencarian kecil di ujung kanan atas.

Kendati demikian, fitur pencarian yang ditawarkan jauh dari kata biasa, dimana Anda cuma bisa mencari gambar berdasarkan nama file-nya. Di sini AI yang ditugaskan akan lebih dulu mengidentifikasi dan mengelompokkan koleksi foto yang tersimpan di OneDrive berdasarkan kategori, warna, waktu pengambilan atau bahkan wajah seseorang yang tertangkap kamera.

Setelahnya, Anda tinggal mengetikkan kata kunci pencarian, seperti misalnya “smartphone”, “dance”, “art gallery”, atau mungkin warna maupun bulan tertentu, dan Photos akan menampilkan deretan gambar yang relevan.

Menurut pengalaman Windows Central yang sudah mencoba fitur ini, kinerjanya sangatlah cepat. Kemungkinan besar karena semua data indexing yang dikumpulkan disimpan di dalam perangkat dan bukan di cloud. Ini juga yang menjelaskan mengapa proses indexing-nya bisa berlangsung cukup lama andaikata koleksi foto Anda mencapai ribuan.

Microsoft sejauh ini belum memaparkan informasi apapun soal sistem pencarian berbasis AI untuk Photos ini, namun kalau melihat waktu pengujiannya sekarang, kemungkinan fitur ini akan tersedia secara luas bersama Windows 10 Fall Creators Update nanti.

Sumber: Windows Central.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter