Windows 10 Tutorial: Mengenal On-Screen Keyboard

Windows 10 Tutorial: Mengenal On-Screen Keyboard

Windows10
Windows10

Dalam rangka menyambut kehadiran rilis dari Windows 10, kolom artikel tutorial Windows 10 kembali hadir. Setelah sebelumnya kita membahas tentang antarmuka baru Windows 10 Start Menu maka kali ini kita akan membahas topik terkait keyboard.

Artikel ini ditujukan untuk memperkenalkan fitur-fitur on-screen keyboard yang terdapat pada Windows 10. Windows 10 belum dirilis untuk publik, tetapi mereka yang telah mendaftar program khusus bisa mendapatkannya, dan versi yang digunakan untuk artikel ini adalah Windows 10 technical preview 10074.

image

On-screen keyboard memberikan tambahan opsi bagi pengguna jika ingin berpindah mode input. Jika perangkat mendukung layar sentuh atau Anda menggunakan Windows 10 pada Tablet maka on-screen keyboard bisa jadi merupakan alat input utama bagi perangkat tersebut.

On-screen keyboard pada Windows 10 dapat diakses pada bagian nomor 1, sebelah kiri bawah dari layar di task bar utama. Jika tombol ini ditekan maka on-screen keyboard akan muncul.

image

On-screen keyboard memiliki beberapa mode tergantung dari tipe perangkat. Pada contoh di atas (bagian nomor 2), perangkat dengan ukuran device < 8 inci hanya memiliki 2 mode, yaitu full keyboard dan stylus.

Info menarikInilah Edisi Windows 10 yang Dapat Anda Miliki

Hal ini berbeda jika dijalankan pada Desktop dengan ukuran resolusi yang lebih lebar, dapat memilik mode lain yaitu separate. Mode separate memungkinkan on-screen keyboard digunakan dari ujung kiri dan kanan perangkat.

image

 

 

 

image

Jika mode stylus diaktifkan maka kita dapat melakukan input dengan mouse atau jari dan menulis seakan-akan menulis di atas kertas. Sebagai contoh di sini saya menulis ‘scie’ dan sistem mendeteksi dan memberikan opsi apakah yang saya tulis adalah ‘scie’.

image

 

Jika on-screen keyboard tombol detach (nomor 3) ditekan maka on-screen keyboard dapat ditempatkan dimanapun pada layar sehingga bisa memberikan posisi yang lebih nyaman untuk mengetik.

 

image

 

Sekilas, on-screen keyboard ini serupa dengan yang sudah ada pada Windows 8.1. Tapi khusus untuk Windows 10 terdapat tambahan smiley dan emoji serta pengaturan tombol.

Namun bagi pengguna Windows 8 atau Windows 7, on-screen keyboard dengan konfigurasi ini bisa jadi hal yang sama sekali baru, dan wajib diketahui untuk mempermudah penggunaan perangkat yang menjalankan Windows 10.

Demikian tips atau tutorial singkat dari pengguna Windows 10. Pembaruan atas sistem operasi dari Microsoft ini baru akan dirilis untuk publik sekitar bulan Juni atau Juli. Info lengkap bisa cek tautan ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…