24 July 2015

by Puja pramudya

Windows 10 Tutorial: Notifications

Salah satu hal baru yang terdapat di Windows 10 adalah daftar notifikasi. Bagi Anda pengguna Windows Phone atau smartphone lain mungkin sudah cukup akrab dengan konsep layar notifikasi.

Notification center adalah tempat untuk menampilkan seluruh daftar notifikasi, baik itu dari aplikasi, chat dan email, untuk menjadi satu tempat yang menyampaikan seluruh informasi yang mungkin penting untuk Anda ketahui.

Untuk melihat daftar notifikasi pada Windows 10 dapat dilakukan dengan menekan tombol notifikasi di sisi kanan bawah layar. Menekan tombol tersebut akan muncul panel daftar notifikasi yang muncul di sepanjang sisi kanan layar.

Secara default, akan ada 4 pilihan tambahan yaitu tablet mode, media connect, location dan all settings. Jika tombol Expand diklik maka akan muncul tambahan lain yaitu location, rotation lock, vpn dan wifi.

Jika Anda memiliki notifikasi maka daftar notifikasi akan muncul di panel tersebut. Jika Anda mengklik notifikasi maka langsung diarahkan ke aplikasi yang bersesuaian. Untuk menghapus notifikasi cukup tekan tombol CLEAR ALL.

Info menarik:All About Windows 10

Jika ingin melakukan personifikasi, Anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat memberikan notifikasi ke panel notifiikasi. Caranya klik All Settings dan pilih System(Display, notification, apps, power).

Lalu pada menu “Notification & Actions” akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang ada di device Anda. Cukup matikan-nyalakan toggle sesuai dengan aplikasi yang ingin diberikan izin.

Fitur ini merupakan perubahan yang cukup signifiikan dibandingkan versi terdahulunya. Notification center merupakan bentuk nyata konvergensi experience yang terdapat di mobile dan diterapkan ke PC/Desktop.

Windows 10 tidak lama lagi dirilis untuk publik, saat ini mereka yang telah mengunduh Windows 10 Preview sudah bisa menjelajah beberapa fitur yang tersedia di Windows versi baru ini.