18 April 2015

by Puja pramudya

Windows 10 Untuk Ponsel Punya Fitur Keyboard Ramah Penggunaan Dengan Satu Tangan

Ada satu fitur di Windows 10 yang tidak terlalu terlihat namun dirasakan dapat berguna bagi sebagian besar orang, apalagi mereka yang memiliki perangkat dengan ukuran besar.

Khusus untuk perangkat dengan ukuran layar besar, Windows 10 untuk ponsel memungkinkan opsi keyboard yang dapat digunakan dengan satu tangan, karena sistem melakukan justifikasi dan pengecilan keyboard dan menggesernya ke sisi pinggir – bisa kiri atau kanan – dari perangkat.

Fitur ini tentunya bisa membantu mereka yang sering melakukan kegiatan multitasking, misalnya tangan kiri sedang memegang gelas kopi namun ada pesan penting yang harus Anda ketik dan kirimkan. Hadirnya fitur ini memungkinkan Anda bisa mengetik dengan satu tangan.

Info menarik: Tak Hanya Canggih, Mouse Thermaltake Ventus X Pastikan Tangan Tetap Sejuk

Seperti yang dikutip dari WindowsCentral, untuk mengaktifkan opsi ini langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka keyboard di aplikasi apapun
  • Tekan dan tahan tombol “&123” pada sisi kiri
  • Pilih ikon keyboard
  • Pilih opsi keyboard : lengkap, kiri atau kanan

Cara lain untuk mengaktifkannya adalah dengan melakukan gerakan swipe ke kiri atau kanan pada tombol spasi.

Ketika keyboard diatur ke area pinggir kanan, maka keyboard dapat digunakan dengan satu tangan menggunakan tangan kanan, begitu pun sebaliknya. Fitur sederhana namun sangat berguna.

Sejauh ini fitur keyboard telah dapat ditemukan pada Lumia 1520 (ukuran 6 inci). Bagi pengguna perangkat ini dan sudah menginstal Windows 10 untuk ponsel, Anda mendapatkan opsi tambahan untuk menambah kenyamanan menggunakan perangkat Windows Phone Anda.

 

Sumber artikel: WindowsCentral. Gambar header: Ilustrasi perangkat Lumia.