2 December 2014

by Yoga Wisesa

Windows 8.1 Akhirnya Kalahkan Windows XP

Dilepas 13 tahun silam, masa dukungan tambahan Windows XP sebenarnya sudah berakhir semenjak bulan April 2014 kemarin. Namun berkat formulasi handal dalam platform itu, Windows XP mampu mengamankan posisi runner-up sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan setelah Windows 7. Tapi baru-baru ini, sang penerus berhasil mengejarnya.

Kurang lebih 12 bulan lalu, sistem operasi anyar tersebut duduk di tempat yang cukup aman dan menguasai hampir 20 persen ekosistem komputer. Tetapi waktu telah berubah, Microsoft memang sudah lama berupaya mendorong konsumen agar beralih ke platform baru. Dan berdasarkan website pelacak OS StatCounter, kini penggunaan XP jauh lebih sedikit, dan untuk pertama kalinya Windows 8.1 berhasil menyusulnya.

Terhitung per November 2014, Windows 8.1 diadopsi oleh 10,95 persen konsumen, berada tipis di atas Windows XP dengan 10,69 persen. Dari melihat kurvanya, proses adopsi Windows 8.1 mulai naik cukup tinggi sejak Agustus. Sebaliknya, kepopularitasan Windows XP terus menurun. Mungkin dalam beberapa bulan, ia akan berada di bawah OS X (tanpa menyebutkan versi, 8,11 persen).

Pertanyaannya, dari mana datangnya perubahan ini? Penggunaan Windows 8.1 naik pesat mulai pertengahan tahun, berkaitan dengan program sale, yaitu dimulainya masa sekolah serta libur Musim Panas di negara-negara Barat. Banyak orang juga tertarik setelah mendengar kabar bahwa user Windows 8.1 berhak memperoleh upgrade gratis ke sistem operasi teranyar Microsoft.

 

Info menarik: Microsoft: 1 Juta Orang Sudah Terdaftar di Program Preview Windows 10

 

Seandainya Anda masih bertahan di Windows 7, Anda bisa menjajal 8.1 selama setahun, sebelum mendapatkan update cuma-cuma ke Windows 10. Windows 8 sendiri terus merosot dari bulan Agustus, dan bisa dipastikan semakin banyak orang berpindah ke 8.1, karena secara teknis Windows 8.1 jauh lebih baik dibandingkan versi 'lamanya'. Namun bagaimana dengan Windows 7?

Walau ada penurunan tipis antara Agustus dan September, bulan November lalu Windows 7 kembali mendominasi lebih dari separuh pasar - tepatnya 50,34 persen - hanya berkurang 1,4 persen dibanding tahun kemarin. Untuk Windows XP, Microsoft pernah menghimbau agar user-nya memanfaatkan OS yang lebih baru, yaitu Windows 7 atau Windows 8. Tapi tentu akan lebih menguntungkan bagi mereka jika konsumen memilih Windows 8.1 dan pada akhirnya, Windows 10.

Melalui Windows 10, Microsoft mencoba menciptakan ekosistem terintegrasi ke seluruh perangkat, tanpa mengorbankan fleksibilitas navigasi keyboard dan mouse. Sistem cloud akan mengambil peranan penting, dimana Bing serta OneCloud yang memegang kuncinya.

Via PC World.