Sudah menjadi prosedur yang umum bagi pengembang aplikasi untuk menguji terlebih dulu fitur-fitur baru yang dipersiapkannya sebelum merilis update-nya secara resmi. Guna mendapatkan komentar atau masukan yang objektif, developer biasanya melibatkan konsumen, dan inilah yang sering disebut dengan istilah “beta testing“.

Sebagian pengguna perangkat Android pastinya pernah menjadi partisipan beta testing suatu aplikasi di Play Store. Di iOS, program serupa disajikan melalui aplikasi TestFlight. Sekarang giliran Microsoft yang meluncurkan program serupa untuk Windows 10.

Lewat program berlabel “Windows App Previews” ini, pengguna dapat menguji fitur-fitur milik versi baru aplikasi yang belum dirilis. Sejauh ini, aplikasi-aplikasinya mencakup Windows Camera, Microsoft Photos, Alarm and Clock, Feedback Hub, Tips, dan beberapa aplikasi inti Windows 10 lain.

Windows App Previews

Yang menarik adalah, sebelum ini pengguna hanya bisa menguji versi preview dari suatu aplikasi apabila mereka sudah tergabung dalam program Windows Insider. Windows App Previews rupanya terpisah dari program tersebut, sehingga siapapun sebenarnya bisa menjadi partisipan.

Ini merupakan kabar baik bagi mereka yang suka mencoba fitur-fitur baru aplikasi sebelum versi finalnya dirilis, tapi keberatan kalau harus menjalankan versi Windows 10 yang masih belum stabil dan penuh bug. Yang dijajal hanyalah aplikasinya saja, bukan sistem operasinya secara keseluruhan.

Sumber: Thurrott dan Windows Central.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.