Windows Maps memang belum sepopuler Google Maps. Bukan cuma karena aplikasinya hanya tersedia di perangkat Windows 10 saja, tapi juga karena fitur-fiturnya belum selengkap besutan Google. Namun lewat Windows 10 Creators Update yang belum lama dirilis, Windows Maps rupanya juga menerima perombakan besar.

Yang paling unik adalah dukungan Windows Ink, dimana pengguna dapat membuat anotasi pada tampilan peta, sangat berguna ketika hendak membuat rute khusus di lokasi yang tidak beraspal. Namun yang terpenting, anotasi tetap bisa dibuat meski perangkat Anda tidak mendukung input sentuhan dan Anda cuma menggunakan mouse.

Tampilan jalanan kini dibarengi permukaan dataran 3D / Microsoft
Tampilan jalanan kini dibarengi permukaan dataran 3D / Microsoft

Pengguna Windows Maps kini juga bisa membuat rute dengan beberapa perhentian sekaligus. Microsoft tidak lupa menambahkan tombol “Suggest change” di ujung kanan bawah supaya pengguna bisa berkontribusi ketika menemukan kesalahan, entah sekadar jam buka restoran yang salah atau malah satu jalan kecil yang hilang dari tampilan peta.

Secara visual, tampilan jalan pada Windows Maps kini juga mencakup permukaan dataran secara tiga dimensi. Dengan begitu, pengguna bisa tahu kalau memang mereka bakal menuju ke jalanan yang menanjak. Saat mengemudi di malam hari, pengguna kini juga bisa mengaktifkan fitur Dark Mode.

Windows Maps kini juga dibekali fitur Dark Mode / Microsoft
Windows Maps kini juga dibekali fitur Dark Mode / Microsoft

Terakhir, saat mengakses lewat komputer, pengguna dapat meninjau detail seperti rating rata-rata sebuah restoran secara cepat dengan hanya mengarahkan mouse ke titik lokasi pada tampilan peta. Dan setiap kali ada update, pengguna bisa memantau apa saja yang baru lewat menu “What’s new”.

Fitur-fitur di atas mungkin terdengar sepele, tapi setidaknya sekarang Anda punya alasan yang lebih banyak untuk menggunakan Windows Maps.

Sumber: Microsoft.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.