1. Lifestyle

Berkat Playable Ads, Pengguna Windows Bisa Mencoba Aplikasi Tanpa Mengunduhnya

Cara kerjanya mirip seperti Android Instant Apps

Microsoft baru saja memperkenalkan sebuah fitur yang sangat menarik untuk developer. Dijuluki Playable Ads, fitur ini pada dasarnya memungkinkan developer untuk membuat iklan aplikasinya menjadi lebih interaktif, bahkan seinteraktif aplikasi aslinya.

Kendati ditujukan buat para developer, dampaknya akan begitu terasa bagi kita sebagai konsumen. Pasalnya, kita jadi bisa mencoba aplikasi atau game tanpa perlu mengunduhnya terlebih dulu. Cara kerjanya sebenarnya mirip seperti yang ditawarkan oleh Android Instant Apps.

Jadi saat sebuah iklan diklik nantinya, pengguna akan diajak untuk menjajalnya selama tiga menit. Di titik itu, pengguna bebas menavigasikan aplikasi seakan-akan aplikasi tersebut sudah ter-install pada perangkatnya, meski pada kenyataannya yang terjadi hanya sebatas streaming.

Bagian terbaiknya, pengguna tidak akan dibawa ke jendela aplikasi lain. Semuanya berlangsung di jendela aplikasi yang sama dimana mereka mengklik iklan tersebut. Barulah di bagian akhir akan ditampilkan link untuk mengunduh aplikasi yang diiklankan. Lebih istimewa lagi, pengguna bisa membatalkan iklan kapan saja, tidak perlu menunggu demonstrasinya selesai setelah tiga menit.

Bagi para developer, Microsoft memastikan bahwa mereka tidak perlu menjalani prosedur yang rumit. Microsoft sendiri yang akan bertindak di belakang layar, sedangkan developer hanya perlu memanfaatkan fitur promosi yang ada pada dashboard Windows Dev Center.

Sekali lagi yang diuntungkan adalah konsumen, sebab akses yang mudah buat developer berarti akan ada banyak aplikasi atau game yang memiliki Playable Ads, dan mencobanya langsung jelas lebih menarik ketimbang membaca deskripsi dan melihat screenshot.

Sumber: Windows Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again