Dark
Light

Windows Store Tembus Angka 50.000 Aplikasi

1 min read
March 25, 2013

Jumlah aplikasi di Windows Store akhirnya menembus angka 50.000 aplikasi. Angka tersebut dicapai pada akhir pekan lalu, berdasarkan statistik dari situs MetroStore Scanner yang khusus memantau perkembangan aplikasi di Windows Store.

Windows Store merupakan marketplace aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi Windows 8 dan Windows RT. Ini berbeda dari Windows Phone Store yang merupakan marketplace untuk aplikasi-aplikasi sistem operasi Windows Phone. Windows Phone Store sendiri, menurut CNET, sudah menembus angka 150.000 aplikasi sejak akhir Desember 2012 lalu.

Menurut PC Mag, secara rata-rata, jumlah aplikasi yang dipublikasikan ke Windows Store menunjukkan grafik yang menurun sejak November tahun lalu. Per Februari 2013, jumlah rata-rata aplikasi yang dipublikasikan adalah 150 aplikasi, berkurang dari 400 aplikasi pada November.

Baru-baru ini Microsoft sendiri baru saja merilis program yang menawarkan hadiah berupa uang senilai 100 dolar AS bagi pengembang yang mempublikasikan aplikasinya di Windows Store. Tiap pengembang berhak mendapatkan maksimal hingga 2.000 dolar dari total 20 aplikasi. Program ini hanya berlaku bagi pengembang di Amerika Serikat mulai dari 8 Maret lalu hingga akhir Juni nanti.

Masih menurut PC Mag, program yang disebut Keep The Cash tadi rupanya berhasil menaikkan jumlah rata-rata aplikasi yang dipublikasikan per hari menjadi 280 pada bulan Maret ini. Meskipun demikian, program ini sendiri dalam pengamatan saya menuai banyak kritik dari beberapa forum di situs-situs blog teknologi lain seperti The Verge dan Ars Technica. Saya sendiri berpandangan bahwa angka 100 dolar per aplikasi sendiri memang cukup kecil untuk ukuran pengembang di Amerika Serikat. Kekhawatiran yang muncul, program ini hanya meningkatkan jumlah aplikasi tanpa memikirkan faktor kualitas aplikasi-aplikasi yang dihasilkan.

 

Sumber: PC Mag, CNET, The Verge, Ars Technica.

Previous Story

Apple Akuisisi Perusahaan Penyedia Layanan Pemindaian Lokasi Indoor WifiSlam

Next Story

[Sshhh…it’s Monday!] #10 HBD TWTTR

Latest from Blog

Don't Miss

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan