Categories

Gadget

Withings Body Cardio Adalah Timbangan Canggih untuk Memonitor Kesehatan Jantung

Dapat mengukur PWV, yaitu seberapa cepat darah mengalir di dalam tubuh

Glenn Kaonang - 9 June 2016

Setelah memupuk reputasinya di bidang perangkat wearable dan kesehatan selama beberapa tahun, Withings akhirnya diakuisisi oleh Nokia pada akhir bulan April kemarin. Tanpa terpengaruh proses akuisisi tersebut, kini sang pabrikan asal Perancis itu sudah siap memperkenal produk terbarunya, yaitu sebuah timbangan badan super-canggih.

Dinamai Withings Body Cardio, wujudnya sepintas terlihat seakan-akan didesain oleh Jony Ive. Namun tidak demikian, Withings berkolaborasi dengan studio desain asal Paris, Elium, dalam merancang timbangan berwajah keren ini. Bagian atasnya merupakan tempered glass, sedangkan bagian dasarnya aluminium. Ditotal, tebalnya tidak lebih dari 18 mm.

Body Cardio bekerja seperti timbangan pintar pada umumnya: mengukur berat badan, indeks massa tubuh, komposisi tubuh yang terdiri dari lemak, otot, air dan massa tulang, serta laju jantung. Angka-angka ini bisa dilihat langsung lewat layarnya, atau melalui aplikasi pendampingnya di smartphone.

Withings Body Cardio tersedia dalam warna hitam atau putih / Withings

Akan tetapi Body Cardio masih menyimpan rahasia lain, yakni kemampuan mengukur parameter langka yang dikenal dengan istilah pulse wave velocity (PWV). PWV pada dasarnya menggambarkan seberapa cepat darah mengalir dalam tubuh Anda – sedikit berbeda dari tekanan darah, tapi bisa mengindikasikan kondisi kesehatan jantung.

Penghitungannya sederhana: apabila PWV Anda tinggi, berarti banyak pembuluh arteri yang kencang dan resiko hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya cukup tinggi. Sebaliknya, kalau PWV Anda rendah, berarti pembuluh-pembuluh arterinya kendur dan kesehatan jantung Anda tergolong baik.

Sebelum ini, mengukur PWV memerlukan perangkat bernama sphygmometer yang berharga mahal dan biasanya hanya dimiliki oleh ahli kardiologi. Withings juga mengklaim bahwa PWV bisa menggambarkan kesehatan jantung lebih baik ketimbang tekanan darah.

Apa benar demikian? Well, Withings sendiri mengatakan bahwa hasil pengukuran Body Cardio memiliki korelasi yang baik dengan pengukuran sphygmometer di dua rumah sakit di Perancis, dan yang bisa menjawab tentu hanyalah ahli kardiologi. Terlepas dari itu, timbangan canggih ini sekarang sudah bisa Anda miliki seharga $180.

Sumber: Engadget dan Withings.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter