Categories

Gadget

Wooden Word Watch Mungkin Bukan Jam Pintar, Tapi Bisa Jadi Kado Unik Untuk Orang Terdekat

Tubuhnya terbuat dari kayu walnut, dipadu strap kulit coklat.

Yoga Wisesa - 29 August 2017

Setelah merosot cukup jauh, angka penjualan jam tangan mewah kembali menguat di tahun ini. Penyebabnya mungkin bukan seperti yang banyak orang kira (akibat kehadiran smartwatch misalnya), namun karena kondisi ekonomi global yang rendah. Sebagai alternatif merek-merek populer, ada banyak produk unik bisa Anda temukan di situs-situs crowdfunding.

Word clock mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Jam jenis ini menunjukkan waktu bukan dengan jarum, namun lewat tulisan. Penunjuk waktu tersebut umumnya dijadikan hiasan di dinding kamar atau ruang keluarga, dan belakangan, penyajiannya mulai diadopsi di segmen arloji. Desainer bernama Harnek Gulati awalnya mencoba menciptakan aksesori berkonsep serupa berbekal bahan kayu sebagai kado, tapi akhirnya ia memutuskan untuk memasarkannya secara lebih luas.

Dinamai Wooden Word Watch, ia adalah jam tangan dengan casing kayu yang menginformasikan waktu melalui kata-kata. Tubuhnya mempunyai penampilan kotak, berdimensi 43x33x7,7-milimeter, dan di sisi depannya, Anda bisa melihat deretan huruf yang berfungsi untuk menyusun kata. Harnek Gulati menyediakan tiga pilihan bahasa, yaitu Inggris, Jerman dan Spanyol.

Wooden Word Watch mempunyai sebuah tombol (juga memanfaatkan bahan kayu), dan dengan menekannya, arloji segera memperlihatkan waktu - misalnya bertuliskan 'it is half past six'. Tekan sekali lagi jika Anda butuh info waktu lebih akurat, dan Wooden Word Watch akan menampilkan angka (6:32). Untuk mematikannya, tekan tombol yang sama satu kali lagi.

Tubuh jam tersebut terbuat dari kayu jenis walnut, sehingga permukaannya bisa dipoles sangat halus serta cukup kuat untuk melindungi komponen elektronik di dalam. Untuk strap-nya, Harnek Gulati memilih bahan kulit hand-made coklat, sangat pas dengan warna dan penampilan case walnut-nya. Kita juga dipersilakan memesan ukiran, misalnya membubuhkan nama sendiri atau individu yang akan Anda hadiahkan di bagian muka Wooden Word Watch.

Kustomisasi lebih jauh dapat dilakukan, misalnya agar Wooden Word Watch bisa menunjukkan kata yang Anda inginkan. Contoh: memunculkan kata 'love' saat tombol ditekan tiga kali. Tentu saja, Anda harus membayar biaya tambahan. Untuk sekarang, Gulati juga belum menjelaskan seberapa kuat Wooden Word Watch menghadapi cuaca dan air.

Wooden Word Watch dapat Anda pesan sekarang di Kickstarter. Selama masa pengumpulan dana masih berlangsung, produk dibanderol mulai dari US$ 220. Rencananya, jam tangan kayu ini akan mulai didistribusikan pada bulan November 2017.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter