26 January 2016

by Bambang Winarso

Aplikasi Keyboard Word Flow untuk iOS Bakal Gondol fitur Berbeda?

Fitur one-handed di versi iOS akan berbeda, karena dapat berpindah ke kedua sisi.

Anda tentu masih ingat, beberapa hari yang lalu kami pernah mengulas kabar soal digodoknya aplikasi Word Flow ke platform iOS oleh sang empu aplikasi, Microsoft. Dikatakan, Microsoft sedang menguji aplikasi tersebut di dalam tim internal mereka sebelum memboyongnya ke publik.

Bagi sobat yang merasa tidak familiar dengan Word Flow, saya coba berikan sedikit gambaran. Word Flow merupakan aplikasi keyboard yang lumrah digunakan di perangkat-perangkat keluaran Microsoft. Bagi fans Windows Phone, Word Flow adalah yang terbaik, sehingga wajar bila gembar-gembor kehadirannya di platform lain merupakan sebuah kabar besar tapi menyedihkan bagi para penggemar. Sebab, itu artinya Word Flow tak akan menjadi piranti lunak ekslusif lagi.

Sekarang telah beredar perkembangan terbaru yang dilansir oleh Theverge, di mana mereka mengklaim mendapatkan bocoran dari sumber yang dekat dengan rumor. Menurut mereka, aplikasi Word Flow akan membawa sejumlah fitur istimewa yang sepenuhnya unik ke platform iOS. Fitur-fitur ini akan membedakan versi iOS dengan versi lain. Salah satunya adalah mode one-handed yang memungkinkan tombol keyboard berpindah ke satu sisi perangkat dan memberikan papan tombol yang lebih ringkas sehingga mudah digunakan dengan satu tangan.

Menurut sumber yang sama, kemampuan berpindah ini ternyata tidak hanya ke satu sisi saja. Melainkan dapat ke sisi kanan atau sebaliknya ke sisi kiri sesuai keinginan pengguna. Hal inilah yang membedakan Word Flow versi iOS dengan versi Windows Phone. Pasalnya di versi Windows Phone, mode one-handed hanya bisa berpindah dan terkunci di salah satu sisi perangkat.

Selain itu, segala fitur di kedua platform akan sepenuhnya sama. Antara lain ketersediaan emoji, dukungan swiping dan wordsuggestion. Sayangnya belum ada kepastian kapan aplikasi ini akan menyambangi iOS ataupun Android. Platform terakhir tampaknya baru akan menyusul kemudian setelah terlebih dahulu tiba di iOS.

Sumber gambar header Shutterstock.