26 October 2013

by Bambang Winarso

WordPress 3.7 'Basie' Resmi Dirilis, Hadirkan Fitur Update Otomatis

WordPress versi  3.7 dengan kode 'Basie' telah dirilis, kecintaan Matt Mullenweg dan tim di Automattic *) akan musik jazz sepertinya punya peranan kuat dalam pemilihan nama Basie sebagai kode versi terbaru WordPress ini. Sebagai informasi, Bassie merupakan nama seorang pianist jazz legendaris yang bernama lengkap Count Basie.

Ada 3 perubahan besar yang dibawa oleh WordPress terbaru ini, antara lain:

Update Otomatis

Fitur baru pertama yang dibawa adalah kemampuan untuk melakukan update versi WordPress secara otomatis, jika biasanya Anda harus mengklik tombol update untuk meng-instal versi terbaru, kali ini semua berjalan secara otomatis di belakang layar. Fitur ini lantas mendapatkan respon skeptis dari sejumlah pengguna, namun begitu pengembang tetap menyarankan para pengguna untuk menggunakan fitur terbaru ini demi keamanan situs.

Ukuran Kesulitan Kata Sandi yang Lebih Baik

Perubahan besar kedua berupa pengukur tingkat kesulitan kata sandi yang lebih baik, di mana pengembang telah menambahkan kemampuan pengenalan beberapa karakter yang dinilai justru melemahkan kata sandi yang dipilih oleh pengguna. Misalnya nama, angka keyboard yang berurutan dan kata kunci populer yang sering digunakan. Tujuan fitur sudah jelas, meningkatkan keamanan situs atau blog pengguna.

Fitur Pendukung Bahasa Global yang Lebih Baik

Tak bisa dipungkiri pula bahwa blogger membutuhkan paket bahasa yang lebih baik di mesin WordPress, dan kebutuhan itu sekarang dipenuhi oleh versi terbaru ini yang mampu mendukung sistem penerjemahan bahasa secara cepat dan akurat.

Fitur ini juga akan di-update secara otomatis serentak dengan updateminor yang tersedia. Fitur ini penting, sebab hanya ada 750 juta orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pilihan pertama atau kedua, sementara ada lebih banyak pengguna yang saat ini menghadapi kesulitan dengan versi bahasa Inggris, namun dengan adanya versi terjemahan baru ini, kini jauh lebih mudah.

Selain 3 perubahaan besar di atas, ada beberapa perubahan kecil yang juga disematkan di Wordpress 3.7 seperti akurasi pencarian yang lebih baik, sistem penanggalan, pergantian salah satu fitur untuk multisite, dan juga sejumlah fungsi dan class baru.

Sorotan saat ini sepertinya tertuju pada fitur update otomatis, untuk itu bagi yang sudah terlanjur update ke versi 3.7 dan tidak ingin menggunakan fitur update otomatis ini, saya akan berikan tips untuk mematikan fitur ini, sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk WPbeginner untuk tipsnya yang berguna.

  • Pertama, buka Cpanel blog Anda dan tandai wp-config.php kemudian klik menu Edit.

  • Di sebuah popup Anda klik saja tombol Edit.

  • Kemudian tambahkan kode: define( 'AUTOMATIC_UPDATER_DISABLED', true );

Setelah selesai klik tombol Saveuntuk menyimpan perubahan. Sekarang setiap kali ada update terbaru, Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti biasa sehingga Anda bisa membuat keputusan sendiri apakah ingin melakukan update atau tidak.

WordPress 3.7 bisa diunduh lewat tautan ini.

Sumber berita Wordpressdan gambar header reviewonit.

(Editor) Info tambahan: Seperti yang dituliskan mas Valent Mustamin (WordPress enthusiast) pada kolom komentar, ada beberapa koreksi atas posisi Automattic atas layanan WordPress.org serta organisasi yang berada di belakang pengembangan WordPress.org. Thanks mas Valent atas koreksi dan informasi tambahannya.