1. Startup

WordPress Hadirkan Fitur Subscription [Updated]

Wordpress kini menghadirkan fitur subscription untuk yang suka mengikuti berbagai blog yang ada di Wordpress.com. Fitur ini dimaksudkan untuk mempermudah para pembaca bila mereka memiliki banyak blog yang mereka baca rutin setiap harinya.

Fitur ini dimaksudkan untuk mengkomplemen RSS mereka, yang dianggap agak terlalu sulit untuk dimengerti oleh pengguna awam. Lewat subscription, semua postingan blog yang diikuti bisa terlihat dalam satu tampilan yang nyaman.

Dari pengumuman WordPress tadinya gue kira fitur ini hanya tersedia untuk blog yang di-host di WordPress.com saja, tapi setelah mengunjungi beberapa blog yang memakai WordPress seperti Techland dan GigaOm, ternyata bar seperti berikut ini yang memungkinkan kita untuk subscribe juga ada.

Ada yang tau cara mengaktifkan fitur ini di blog yang tidak hosting di WordPress? Sepertinya gue coba cari-cari di halaman supportnya dan settingan WordPress milik DailySocial, belum ketemu nih.

Update: seperti yang dijelaskan oleh Valent Mustamin di kolom komentar, fitur ini hanya ada untuk blog yang di-host di WordPress.com. Techland dan GigaOm yang gue kunjungi di atas termasuk situs yang memakai hosting WordPress.com. Thanks Valent!

Anyway fitur subscription ini memang bukan barang baru karena berbagai blogging platform lain seperti Posterous dan Tumblr sudah sejak dulu punya fitur follow. Bahkan untuk Tumblr perihal follow-memfollow ini bisa dibilang sama pentingnya dengan bloggingnya sendiri.

WordPress juga belum punya fitur untuk posting lewat email seperti yang menjadi jagoan utamanya Posterous dan juga ditawarkan oleh Tumblr. Walaupun demikian, sudah banyak app di mobile device yang mereka tawarkan, komplit mulai untuk iPad, iPhone, Blackberry dan Android.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again