Rasanya ingin sekali WordPress bisa mendukung posting blog via email seperti Posterous, sebuah fitur yang memang sudah saya dan banyak pengguna WordPress tunggu. Tim pengembang WordPress-pun mendengar dan hari ini WordPress merilis fitur post blog via email.

Post blog via email ini tentunya sangat fleksibel karena anda bisa melakukannya dengan apapun smartphone anda yang sudah mendukung aplikasi email. Jadi dimanapun anda berada, anda bisa langsung secara live mem-post tulisan atau foto ke blog anda via Blackberry, atau iPhone, atau apapun perangkat mobile email anda. Di indonesia terutama ketika ada beberapa kantor yang mem-blok akses ke beberapa platform blog seperti WordPress dan Blogspot, dan juga beberapa yang bermasalah dengan kecepatan akses ke server WordPress yang lumayan lambat dari sini (beruntunglah kalian yg akses ke wordpressnya cepat).

Untuk menggunakan fitur ini anda cukup masuk ke menu My Blogs di dashboard dan tambahkan data blog anda serta data post-by-email anda, lalu Save Changes. Email post-by-email ini haruslah rahasia dan unik karena setiap email yang dikirim kesini akan secara otomatis di-post ke blog anda. Jika sudah aktif anda cukup mengirimkan tulisan anda via email, dan voila! Langsung ada tulisan baru di blog anda sesuai dengan isi email yang anda kirim. Format email-pun akan dipertahankan, begitu juga dengan attachment anda seperti foto-foto yang akan langsung diconvert ke thumbnail. Jika anda mengirim banyak gambar sekaligus, maka bisa langsung jadi gallery/album yang menarik.

Anda juga bisa memasukkan video dan audio podcast via email tetapi hanya jika anda mengupgrade paket SpaceUpgrade (Audio) atau VideoPress (Video).

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.