Categories

Internet

Kapan Sebaiknya Anda Membuat Posting Blog Baru? WordPress.com Punya Jawabannya

Glenn Kaonang - 3 June 2015

Selama ini, pengguna WordPress.com memang sudah bisa mengamati statistik yang cukup lengkap terkait aktivitas blog gratisannya. Namun per tanggal 1 Juni 2015 kemarin, WordPress telah menyiapkan tool baru guna memudahkan pengguna dalam ‘mencerna’ data-data tersebut.

Tool baru ini dinamai Insights, dan fungsi utamanya adalah memberikan gambaran yang singkat dan jelas mengenai kapan blog Anda paling ramai dikunjungi.

Misalnya, sekitar separuh dari total view pada blog Anda berasal dari pengunjung yang membaca di hari Selasa, dan sekitar sepertiga dari total view berlangsung pada jam 8 pagi. Dengan kata lain, pada hari dan jam inilah Anda bisa meraup view lebih banyak dari biasanya. Alhasil, Anda bisa terdorong untuk lebih rajin membuat posting baru pada hari dan jam tersebut.

Info menarik: Cara Pindah Blog dari Blogspot (Blogger.com) ke WordPress

Di saat yang sama, Anda juga bisa mengamati seberapa sering Anda membuat posting baru dalam wujud visualisasi yang menyerupai kalender tahunan. Semakin gelap warna biru pada suatu kotak, berarti di hari itulah ada paling banyak posting baru dari Anda.

Tampilan statistik lawas yang biasa Anda jumpai tidak dibuang begitu saja. WordPress memindahkan Comments, Followers, Tags & Categories dan Publicize tepat di bawah tool Insights. Di saat yang sama, Anda tetap bisa mengamati statistik berdasarkan hari, minggu, bulan atau tahun seperti biasanya.

Gambar header: WordPress.com via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter