3 December 2014

by Bambang Winarso

Wow! Dalam 3 Bulan Xiaomi Sukses Kapalkan Lebih Dari 1 Juta Mi Band

Torehan gemilang kembali dicatatkan oleh Xiaomi, kali ini bukan dari perangkat smartphone atau tablet. Melainkan dari gelang pintar Mi Band yang memulai debut di bulan Juli lalu. Menurut lansiran Ubergizmo, vendor pembesut Redmi Note tersebut sukses mengapalkan lebih dari 1 juta Mi Band hanya dalam waktu 3 bulan.

Pencapaian ini jelas jadi permulaan yang baik bagi Mi Band, terutama untuk memposisikan Xiaomi di segmen wearable device yang bisa dibilang sangat baru ketimbang vendor-vendor lain yang sudah punya nama. Meski demikian, biasanya proses pengapalan ini memang bukan penjualan, tetapi bisa menjadi indikasi besarnya minat konsumen akan perangkat Mi Band.

Prestasi luar biasa Mi Band dipamerkan oleh Xiaomi melalui akun Weibo, dimana mereka juga membeberkan angka penjualan Mi Band selama perhelatan Singles' Day beberapa waktu lalu yang mencapai angka 100.000 unit. Perlu dicatat, penjualan itu diraih hanya dalam satu hari.

 

Info Menarik: Samsung Z1, Smartphone Tizen Pertama Akan Meluncur di India 10 Desember Nanti?

 

Popularitas Mi Band tergambar jelas bila kita coba bandingkan dengan laporan terbaru Canalyst yang menyebutkan bahwa pada kuartal ketiga 2014 ada 5 juta unit wearable devices yang dikapalkan ke seluruh dunia. Jumlah itu tidak termasuk Mi Band yang sendirian saja sudah terjual 1 juta unit lebih.

Keberhasilan Mi Band selain didorong oleh rasa penasaran akan meroketnya nama Xiaomi, juga sangat terbantu oleh harga perangkat yang terbilang murah, mungkin malah sangat murah yakni hanya $13 atau Rp 156.000 (kurs 12.000/$1). Walau dihargai murah, Mi Band punya sejumlah fitur yang lumayan menarik.

Perangkat wearable perdana Xiaomi ini dirancang untuk memberikan informasi kesehatan penggunanya. Misalkan untuk memantau pola tidur dan juga kegiatan olahraga. Kemudian terdapat teknologi smart alarm untuk mengontrol pola tidur yang sehat kepada penggunanya.

Mi Band dapat bertahan hingga 30 hari dalam kondisi stand by dan seperti perangkat wearable lainnya, Mi Band juga dapat dipasangkan dengan perangkat smartphone Xiaomi sebagai otorisasi akses ke perangkat tanpa memerlukan kata sandi lagi.

Penasaran pastinya ya kapan Mi Band menyambangi Indonesia, doakan saja.