Categories

Berita

Wujudkan.com Rilis Versi Beta

Bonang Setoaji - 22 February 2012

Salah satu lulusan Jakarta Founder Institute angkatan pertama yaitu Wujudkan.com, akhirnya go alive dengan versi beta pada hari kemarin. Seperti yang dijelaskan di Facebook Page-nya, Wujudkan.com adalah sebuah website yang diperuntukkan bagi artis, seniman dan kreator Indonesia untuk mendapatkan dukungan dari semua orang dalam mewujudkan karya kreatif mereka.

Sanny Gaddafi - salah satu Director dari Jakarta Founder Institute pada milis #startuplokal menjelaskan bahwa pada dasarnya ini adalah website crowdfunding untuk sesuatu proyek. Pada versi beta ini, Wujudkan telah menempatkan satu proyek, yaitu proyek pembuatan film yang disutradarai oleh Riri Riza dan produser Mira Lesmana.

Seperti yang dijelaskan di halaman FAQ, Wujudkan.com juga memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk menjadi kreator dan membuat proyek. Proyek yang dapat diajukan adalah hal yang berhubungan dengan industri kreatif. Para kreator (member), yang ingin mengajukan ide kreatif dan akan menjadikannya proyek dapat mengisi formulir pada halaman ini dengan menambahkan foto dan video supaya tim kurator Wujudkan.com dapat memahami proyek yang diajukan.

Setelah lolos seleksi (sebelum mulai penggalangan dana), kreator akan mendapatkan halaman di Wujudkan.com untuk dapat menyiapkan halaman proyeknya seperti memasukan informasi, foto, video, dll. Selanjutnya kreator harus menentukan target penggalangan dana, yang nantinya akan berguna bagi member (sebagai suporter) yang ingin memberikan donasi dari penggalangan dana tersebut. Target penggalangan dana dibatasi maksimal selama tiga bulan.

Nantinya, jika penggalangan sudah sesuai dengan target. Pihak Wujudkan.com sendiri hanya memotong sebesar 5% dari hasil penggalangan dana serta biaya transfer dari bank. Apabila target penggalangan dana tidak terkumpul tepat waktu, nantinya pihak Wujudkan.com akan mengembalikan kepada suporter dan dipotong dengan biaya transfer bank.

Para kreator juga diwajibkan untuk menyiapkan penghargaan yang nantinya akan diberikan pada suporter dari proyek mereka, penghargaan dibuat semenarik mungkin dan dapat diberikan dalam tingkat berbeda-beda, sesuai donasi. Hadiah-reward disediakan sendiri oleh kreator dan dimasukkan dalam perencanaan target dana.

Pihak Wujudkan.com sendiri juga menjamin originalitas ide dari para kreator. Dijelaskan bahwa pada prinsipnya, hak sebuah karya sudah mulai terlindungi setelah terpublikasi, termasuk yang dipublikasikan di Wujudkan.com. Namun, pihak Wujudkan.com sendiri belum bisa menjamin bahwa nantinya karya tersebut tidak ditiru. Anda juga bisa menghubungi tim Wujudkan.com jika menemukan proyek yang dirasa melanggar hak intelektual, pihak Wujudkan.com akan menyelidiki lebih lanjut. Untuk lebih lengkap Anda bisa membaca di tautan ini.

Pada artikel menjelang pergantian tahun 2012, DailySocial sempat menulis prediksi startup yang akan hype pada tahun 2012 ini, salah satunya adalah segmen User-Generated Content (UGC) yang akan banyak bermunculan, Wujudkan.com juga mengambil pendekatan ini dalam mengumpulkan proses pengumpulan dana untuk mendukung proyek yang ada di situs mereka. So, mari kita tunggu kejutan dari Wujudkan.com serta lulusan pertama JKTFI lainnya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter