Categories

Gadget

[WWDC] Jajaran Beberapa Produk Terbaru Apple

Iqbal Farabi - 11 June 2013

Menyambung presentasi mengenai sistem operasi terbarunya, OS X Mavericks, Apple pada acara WWDC dini hari tadi mengumumkan jajaran beberapa produk terbarunya. Dua generasi terbaru MacBook Air dan satu Mac Pro resmi diluncurkan pada pemaparan tersebut.

Kedua generasi terbaru MacBook Air yang diluncurkan dalam perhelatan WWDC ini akan menggunakan prosesor terbaru seri Haswell dari Intel. Prosesor seri Haswell ini juga sempat menjadi sorotan pada ajang Computex yang kami liput di Taipei baru-baru ini. Penggunaan prosesor ini digadang-gadang akan meningkatkan kinerja pengolahan grafis di MacBook Air. Apple sendiri menjanjikan peningkatan performa pengolahan grafis sebanyak 40% pada generasi terbaru MacBook Air ini.

Selain meningkatkan performa pengolahan grafis, prosesor seri Haswell ini juga dikatakan akan meningkatkan daya tahan baterai perangkat MacBook Air. Seri MacBook Air baru yang berukuran 11 inci dijanjikan akan mengalami peningkatan daya tahan baterai dari 5 jam menjadi 9 jam pemakaian, sementara MacBook Air yang berukuran 13 inci akan meningkat dari 7 jam menjadi 12 jam. Peningkatan performa yang sangat signifikan dan akan sulit untuk disaingi oleh berbagai produk berkategori ultrabook dari produsen lain.

Kedua perangkat MacBook Air ini masih belum dilengkapi dengan resolusi retina seperti pada perangkat MacBook Pro. Model MacBook Air 11 inci dibanderol dengan harga $999 untuk varian dengan kapasitas penyimpanan 128 GB dan $1199 untuk varian 256 GB. Sementara untuk model 13 inci, varian 128 GB dijual dengan harga $1099, dan varian 256 GB dijual dengan harga $1299.

Menanggapi kritik yang menyebut Apple tidak lagi inovatif, Apple menjawab dengan generasi terbaru Mac Pro. Memiliki tampilan yang sama sekali berbeda dengan generasi Mac Pro sebelumnya, Mac Pro terbaru ini memiliki bentuk silinder berwana hitam dengan ukuran hanya 1/8 dari ukuran Mac Pro sebelumnya.

Tidak hanya tampilan, Mac Pro juga hadir dengan peningkatan spesifikasi teknis yang signifikan. Mac Pro terbaru ini akan memiliki prosesor Intel Xeon dengan 12 inti serta memori DDR3 1866MHz. Dengan dapur pacu tersebut, Mac Pro terbaru ini dijanjikan akan memiliki performa 2 kali lipat dari generasi sebelumnya.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai harga dan tanggal rilis Mac Pro generasi terbaru ini. Baik pada paparan di keynote dini hari tadi dan situs resmi Apple hanya disebutkan bahwa Mac Pro akan tersedia pada tahun ini. Jika Anda tak sabar untuk mengetahui lebih jauh mengenai Mac Pro, Anda bisa melihat-lihat detil spesifikasinya di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter