WWE Ditengarai Akan Luncurkan Liga Esports, Daftarkan Trademark di Amerika

Organisasi gulat saingan WWE, yaitu AEW, malah sudah lebih dahulu terjun di esports.

Organisasi gulat profesional World Wrestling Entertainment, alias WWE, baru-baru ini dikabarkan telah mendaftarkan sebuah trademark dengan dua nama, yaitu “WWE SGL” dan “Superstar Gaming League”. Trademark tersebut didaftarkan pada tanggal 11 November 2019 kepada United States Patent & Trademark Office (USPTO).

Berikut ini deskripsi trademark yang dimaksud, dilansir dari situs resmi USPTO:

“Layanan hiburan, tepatnya, produksi dan distribusi dari pertunjukan yang sedang berlangsung dalam bidang video game; layanan gaming dalam bidang penyelenggaraan turnamen game komputer online; penyediaan sistem berbasis web dan portal online untuk konsumen yang berpartisipasi di online gaming, operasi dan koordinasi turnamen game, liga dan tur untuk keperluan permainan game komputer rekreasional; pengorganisasian kompetisi game elektronik; layanan hiburan, tepatnya, penyediaan game komputer online; penyediaan rating dan review untuk konten video game; layanan hiburan, tepatnya, penyediaan situs web yang menampilkan game; layanan hiburan, tepatnya, penyedian review online untuk game komputer; layanan gaming dalam bidang penyelenggaraan turnamen game komputer; pengorganisasian kompetisi game elektronik.”

WWE 2K20 | Sumber: 2K

Pihak WWE sendiri saat ini masih belum meluncurkan pengumuman resmi. Akan tetapi dari nama yang didaftarkan serta deskripsinya, kita dapat menyimpulkan bahwa trademark tersebut merupakan merek untuk acara kompetisi dan penciptaan konten berbasis esports. WWE sendiri bukan pendatang baru di dunia video game. Sudah lebih dari satu dekade mereka telah menyediakan lisensi untuk berbagai game, termasuk salah satu yang paling baru yaitu WWE 2K20 terbitan 2K Sports.

Di samping WWE sebagai organisasi, bintang-bintang WWE pun sudah cukup banyak yang dikenal aktif di dunia gaming, bahkan esports. Contohnya Kenny Omega dan Xavier Woods, yang sudah cukup lama dikenal sebagai pemain serta figur publik di komunitas Street Fighter.

Organisasi gulat profesional lainnya yaitu AEW (All Elite Wrestling) malah sudah lebih dahulu terjun ke dunia esports. Mereka beberapa waktu lalu menjalin kerja sama dengan organizer acara Community Effort Orlando (CEO) untuk menghadirkan hiburan gulat ke panggung CEO 2019. Tampaknya kini WWE tidak mau kalah dan hendak mengambil langkah yang sama. Apakah keterlibatan gulat dalam esports akan menjadi tren di masa depan?

Sumber: SEScoops, USPTO, WWE