Microsoft punya kejutan buat para pengguna Xbox One. Mereka baru saja mengumumkan sebuah layanan berlangganan yang cukup unik bernama Xbox Game Pass. Sepintas layanan ini terdengar seperti layanan streaming game, tapi pada prakteknya ternyata tidak demikian.

Dengan membayar biaya $10 per bulan, Anda dapat mengakses lebih dari 100 judul game Xbox One maupun Xbox 360 yang backward compatible. Katalog game yang disuguhkan akan diperbarui setiap bulannya, menyesuaikan dengan tren sekaligus apa saja yang baru pada saat itu.

Namun yang menarik adalah cara kerja dari Xbox Game Pass itu sendiri. Seperti yang saya bilang, ini bukan layanan streaming, jadi Anda tidak perlu khawatir soal koneksi. Setiap game yang terdapat dalam katalog Xbox Game Pass dapat diunduh dan dimainkan secara offline selama 30 hari ke depan (atau sampai game tersebut diganti dengan yang lain di katalognya).

Lalu apakah ini berarti game tersebut jadi milik Anda? Tidak. Kalau Anda membatalkan langganan, semua game yang sudah Anda unduh dari Xbox Game Pass jadi tidak bisa diakses lagi. Namun seandainya Anda ingin memiliki game tersebut secara permanen, Anda bisa membelinya dengan potongan harga 20% – asalkan game-nya masih tersedia di katalog Xbox Game Pass.

Layanan ini bakal tersedia bagi konsumen Xbox One mulai akhir musim semi mendatang. Untuk sekarang, Microsoft akan lebih dulu mengujinya bersama sejumlah pengguna terpilih yang tergabung dalam Xbox Insider Program.

Sumber: Xbox.