Categories

Gadget

Xbox One dan 360 Menjadi Console Pertama yang Mendukung App Media Player Plex

Yoga Wisesa - 8 October 2014

Berbeda dari home console lain, Microsoft ingin agar Xbox mereka juga berfungsi sebagai platform multimedia dan pusat hiburan di rumah Anda. Banyak upaya telah mereka lakukan, namun pendekatan tersebut belum mampu membuat Xbox One unggul dalam 'perang console'. Berita baiknya, kehadiran Plex di sana mungkin akan membalikkan keadaan.

Dibuat untuk menjembatani perangkat komputer dengan home theater, Plex ialah aplikasi media player, menyajikan konten YouTube, Vimeo, CNN serta integrasi layanan cloud semisal Dropbox dan Google Drive. Menyusul versi PC, Mac, iOS, Android serta Windows Phone, Plex telah dirilis di Xbox One dan versi Xbox 360-nya akan segera menyusul.

Dengan pengumuman ini, home console terbaru Microsoft itu merupakan platform gaming pertama yang memberikan penggunanya akses ke sistem media player sejati. Jika Anda biasa men-streaming video dari PC ke TV, Plex bukan lagi nama yang asing. Keunggulan Plex terletak pada kesederhanaan dan tampilan elegan UI-nya.

Ada kisah menarik di belakang perancangan Plex. Awalnya ia dibuat dari hasil modifikasi XBMC, atau Xbox Media Center, kini dikenal dengan Kodi Entertainment Center. Jadi mereka semua ini sebenarnya dibuat demi menikmati video di home console. Uniknya, Plex terasa sangat berbeda darinya, memberikan kemudahan yang belum mampu disajikan XBMC.

 

Info menarik: Microsoft Segera Hadirkan Controller Xbox One Khusus PC

 

Plex versi Xbox menekankan sistem navigasi scrolling horisontal, dan berkat dukugan Kinect, Anda mendapatkan kontrol gesture serta voice command. Jika familiar dengan Plex, Anda tidak akan kesulitan menggunakannya. Plex menyediakan aplikasi server yang bisa dijalankan dari Linux, Windows dan Mac OS serta berbagai tipe NAS (QNAP, Synology). Setelah memilih server dan menginstal Plex, Anda tinggal mencari direktori penyimpanan foto, musik dan video.

Ketika Xbox One dan PlayStation 4 diluncurkan, kedua platform game next-gen itu belum memiliki opsi streaming handal. Kehadiran Plex di Xbox One membuatnya satu langkah di depan PS4 dilihat dari perspektif fitur multimedia. Sayang Sony sama sekali belum memberikan info soal apakah console mereka juga segera mendapatkan dukungan Plex.

Berkaitan dengan Xbox One, para gamer hardcore mengkritik Microsoft karena ia terlalu difokuskan pada kemampuan multimedia. PlayStation 4 lebih banyak dipilih lantaran dibundel lebih sederhana dan menitikberatkan performa gaming. Walau begitu, ketersediaan Plex di Xbox memberikan ruang bermanuver lebih luas dalam kompetisinya melawan PS4 serta set-top box semisal Amazon Fire TV.

App Plex dapat diunduh gratis, tapi versi Xbox One dan Xbox 360 membutuhkan Plex Pass. Keanggotaan seumur hidup ditawarkan seharga US$ 150, sedangkan biaya langganan per bulan dibanderol US$ 5.

Via Kotaku. Sumber: Plex.tv.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter