Categories

Business

Xiaomi: 5 Sampai 10 Tahun Lagi Kami Akan Langkahi Samsung dan Apple

Bambang Winarso - 21 November 2014

CEO Xiaomi Lei Jun dalam suatu kesempatan mengatakan bahwa perusahaan yang ia nahkodai saat ini dalam 5 sampai 10 tahun ke depan akan mampu melangkahi Samsung dan Apple untuk mengklaim posisi teratas di tangga persaingan vendor smartphone.

Over confident? Tidak juga. Bila dibandingkan dengan Samsung dan Apple, Xiaomi baru menggarap tak sampai separuh dari pasar yang digodok oleh kedua kompetitornya tersebut. Praktis Xiaomi baru mengolah kawasan Tiongkok dan beberapa negara Asia. Tapi hasilnya sudah terlihat, bahkan sangat mengesankan, mereka sukses melompat ke tangga ketiga sebagai produsen smartphone terbesar di seantero jagad.

Xiaomi tidak hanya mampu memberi tekanan hebat untuk Samsung dan Apple, tapi juga mampu menumbangkan pemain-pemain besar yang notabene lebih dulu terjun ke bisnis ini seperti Lenovo, HTC, Asus, LG, Sony dan banyak lagi lannya. Apakah kita mencium aroma persaingan di antara mereka? Tentu saja, bukan hal yang aneh di dunia bisnis.

 

Info Menarik: YU, Smartphone Kolaborasi Micromax dan Cyanogen Debut Bulan Depan?

 

Perlu juga dicatat bahwa di bulan Juli, mereka hanya duduk di peringkat kelima secara global. Itu artinya untuk mencapai posisi ketiga mereka hanya membutuhkan waktu tak sampai empat bulan.

Dikutip dari PhoneArena, saat ini perangkat Xiaomi digunakan secara aktif oleh 60 juta pengguna di seluruh dunia, dan di akhir tahun 2015 nanti diperkirakan melompat signifikan hingga menyentuh angka 200 juta pengguna. Gambaran ini sekaligus mengindikasikan adanya ekspektasi tinggi di tahun 2015 dengan penjualan 'harus' di atas 100 juta perangkat.

Optimisme tinggi di tubuh Xiaomi tentu berdasarkan angka-angka yang terukur, termasuk juga beberapa rekor yang mereka pecahkan misalnya ketika perhelatan Singles' Day dimana mereka berhasil menjual 1,16 juta unit perangkat dan mengantongi sedikitnya $254 juta hanya dalam waktu satu hari.

Berkaca pada serangkaian hasil mencengangkan, pantas bila Lei Jun optimis 5 hingga 10 tahun ke depan mereka bisa mengalahkan Samsung dan Apple. Tapi tentunya Samsung dan Apple tidak akan diam. Persaingan akan semakin seru semoga saja ketatnya pertandingan ini akan memacu masing-masing perusahaan untuk menghadirkan produk yang semakin keren.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar ilustrasi Xiaomi Mi4.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter