Xiaomi Luncurkan AirDots, True Wireless Earphone Berharga Terjangkau

Xiaomi Luncurkan AirDots, True Wireless Earphone Berharga Terjangkau

Kurs rupiahnya tidak sampai 500 ribu, tapi sudah mengemas Bluetooth 5.0
AirDots / Xiaomi
AirDots / Xiaomi

Dengan begitu banyaknya jumlah pengguna iPhone, tidak heran apabila AirPods disebut sebagai true wireless earphone terlaris sejagat raya. Padahal, banderol $159 terbilang mahal untuk earphone yang kualitas suaranya tergolong biasa-biasa saja.

Alternatif yang lebih terjangkau jelas ada, akan tetapi saya rasa sulit mencari yang lebih ekonomis ketimbang true wireless earphone besutan Xiaomi berikut ini. Namanya AirDots, dan ia dihargai 199 yuan saja (± Rp 425 ribu).

Meski namanya jelas terinspirasi AirPods, desainnya ternyata tidak demikian. Wujudnya seperti kapsul, dengan earpiece berbalut silikon yang diposisikan agak miring sehingga lebih pas dengan bentuk telinga. Sisi luar masing-masing unitnya dapat disentuh untuk mengontrol jalannya musik, menerima panggilan telepon, atau memanggil voice assistant di ponsel.

Xiaomi AirDots

Bobot tiap unitnya cuma 4,2 gram, dan masing-masing dibekali driver berdiameter 7,2 mm. AirDots mengemas konektivitas Bluetooth 5.0, cukup mengejutkan mengingat masih banyak true wireless earphone lain yang lebih mahal yang masih berkutat dengan Bluetooth 4.0 – 4.2.

Dalam satu kali pengisian, baterai AirDots bisa bertahan selama 4 jam penggunaan. Charging case-nya sendiri bisa menyuplai daya ekstra selama 8 jam, sehingga total daya tahan baterainya menembus angka 12 jam.

Tentu saja harus ada kompromi di balik harganya yang begitu murah. Yang paling utama adalah absennya fitur noise cancelling dan bodi tahan air, meski ini mungkin tidak begitu esensial buat sebagian besar konsumen. Satu-satunya kekurangan terbesar AirDots menurut saya adalah, ia baru tersedia di Tiongkok saja.

Sumber: Engadget dan GSM Arena.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…