Categories

Gadget

Xiaomi Kembali Luncurkan Smartphone Gaming, Kini dengan Layar AMOLED dan RAM 10 GB

Black Shark Helo turut dilengkapi dua controller yang sangat mirip dengan Nintendo Joy-Con

Glenn Kaonang - 24 October 2018

Istilah "smartphone gaming" mungkin masih terdengar gimmicky hingga saat ini. Namun kemunculan Razer Phone 2 belum lama ini mengindikasikan bahwa tren tersebut tidak akan meredup dalam waktu dekat.

Sejauh ini sudah ada tiga pemain besar di segmen smartphone gaming: Razer Phone beserta suksesornya itu tadi, Asus ROG Phone, dan Xiaomi Black Shark. Untuk Black Shark, umurnya ternyata begitu singkat, sebab Xiaomi baru saja memperkenalkan suksesornya yang bernama Black Shark Helo.

Secara estetika, Black Shark Helo masih mirip seperti Black Shark orisinal dan masih menonjol aura gaming-nya. Kendati demikian, desain panel belakangnya tak lagi senorak sebelumnya, meski logo plus bagian sampingnya kini bisa menyala dalam berbagai warna layaknya ROG Phone dan Razer Phone 2.

Jarak empat bulan tentu tidak bisa berbuat banyak terkait lompatan spesifikasinya. Helo masih mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 845, lengkap dengan sistem liquid cooling ganda untuk mencegah suhu perangkat jadi kelewat panas. Yang berbeda adalah, Helo tersedia dalam varian dengan RAM 10 GB dan storage internal 256 GB.

Perbedaan yang lebih mencolok bisa kita amati di bagian wajahnya. 'Dahi' dan 'dagu' Helo yang menjadi tempat bernaungnya speaker stereo lebih tipis, dan tombol Home milik Black Shark orisinal kini telah tiada. Sensor sidik jari masih ada, tapi kini diposisikan di belakang bersama sepasang kameranya (12 + 20 megapixel).

Masih seputar wajahnya, layar 6 incinya kini tak lagi menggunakan panel LCD seperti Black Shark orisinal, melainkan panel AMOLED yang sangat kaya warna dan kontras, meski resolusinya masih sama di angka 2160 x 1080 pixel. Dukungan HDR pun tidak lupa Xiaomi sematkan pada layar milik Helo.

Seperti sebelumnya, Helo juga datang bersama aksesori gaming berupa controller ala Joy-Con. Bedanya, varian termahal Helo dengan RAM 10 GB dibekali dua controller sekaligus yang dapat dipasangkan ke bagian atas dan bawahnya (dengan bantuan casing).

Bentuk controller-nya pun berubah, utamanya berkat kehadiran D-pad empat arah di controller sebelah kiri. Di controller sebelah kanan, tampak sejumlah tombol action beserta semacam touchpad bulat di atasnya. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, penampilan Helo jadi sangat mirip dengan Nintendo Switch ketika dipasangi kedua controller-nya.

Di Tiongkok, Xiaomi bakal memasarkan Black Shark Helo seharga 3.199 yuan (± Rp 7 juta) untuk varian terendahnya yang mengemas RAM 6 GB. Varian dengan RAM 10 GB dibanderol 4.199 yuan (± Rp 9,2 juta). Sayang sejauh ini belum ada informasi mengenai ketersediaannya di negara lain.

Sumber: Android Police.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter