7 September 2016

by Bambang Winarso

Xiaomi Diyakini Bakal Membenamkan Teknologi 3D Touch di Mi Note 2

Dugaan ini muncul setelah seorang pengguna mempublikasikan fitur tersembunyi di custom ROM MIUI

Kehadiran Xiaomi Mi Note 2 tampaknya kian mendekati kenyataan. Rumor terkait spesifikasi perangkat tersebut kian sulit dibendung. Setelah dikabarkan bakal menjadikan Samsung Galaxy Note 7 sebagai “bidikan” selanjutnya, kini Mi Note 2 disebut-sebut juga mengusung teknologi 3D Touch yang dapat dijumpai di perangkat iPhone 6s dan perangkat flagship Huawei. Tak hanya untuk Mi Note 2, Xiaomi juga dikabarkan membenamkan fitur yang sama untuk Mi 5S.

Dugaan tersebut mengemuka setelah seorang pengguna menemukan fitur tersembunyi 3D Touch di dalam custom OS MIUI kembangan Xiaomi. Tak tinggal diam, pengguna bersangkutan kemudian mempublikasikannya ke sejumlah forum online.

Meskipun tidak menyebutkan kedua nama dalam bocoran itu, namun kemunculan screenshot ini cukup untuk dijadikan modal bahwa Xiaomi sudah kian dekat dalam mewujudkan perangkat dengan teknologi 3D Touch. Sebelumnya, bersama Meizu dan Oppo, Xiaomi dikabarkan sedang mengembangkan teknologi 3D Touch di platform-nya masing-masing. Jika dua nama tersebut baru akan mengadopsinya paling cepat akhir tahun ini, berbeda halnya dengan Xiaomi yang sudah lebih siap. Sementara Mi Note 2 disebut-sebut menjadi rilisan Xiaomi berikutnya, tak heran bila banyak pihak menduga inilah perangkat perdana yang akan mengadopsi teknologi tersebut.

Teknologi 3D Touch sendiri sudah diadopsi oleh Apple untuk iPhone 6s yang kemudian menjadi pelopor yang diikuti oleh pabrikan lain. Teknologi 3D Touch mengubah cara pengguna berinteraksi dengan perangkatnya, memungkinkan pengguna memperoleh respon yang berbeda untuk setiap tekanan di permukaan layar. Di masa depan, teknologi ini diyakini akan menggantikan teknologi multi touch gesture seperti menggeser, mengetuk dan mencubit.

Xiaomi Mi Note 2 sendiri diyakini akan diumumkan pada tanggal 14 September mendatang.

Sumber berita GizmoChina dan header ilustrasi 3D Touch.