Categories

Gadget

Xiaomi Memperkenalkan Kamera Under-display Generasi Ketiga, Tersedia Tahun 2021

Teknologi kamera depan under-display ini bekerja melalui celah di sub piksel RGB layar

Lukman Azis - 31 August 2020

Saat ini hampir semua produsen smartphone mengadopsi desain bezel-less, penempatan kamera depan pun cukup bervariasi. Dari mulai notch, punch hole, hingga penggunaan pop up camera dan flip camera.

Baru-baru ini Xiaomi mengumumkan kamera under-display generasi ketiga yang mungkin akan menjadi tren smartphone selanjutnya. Meski pada generasi pertama dan kedua kita tidak menemukannya pada perangkat yang diproduksi secara massal, tetapi di generasi ketiga akan tersedia secara luas pada tahun 2021 mendatang.

Xiaomi telah menjelaskan cara kerja teknologi kamera under-display tersebut. Kamera selfie ini akan bekerja melalui celah di sub piksel RGB yaitu merah, hijau, dan biru yang bergabung untuk membuat setiap piksel.

Mereka menggandakan jumlah piksel horizontal dan vertikal sehingga area tampilan di atas kamera memiliki kepadatan piksel yang sama dengan bagian layar lainnya, termasuk dalam hal tingkat kecerahan, akurasi warna, dan gamut warna. Hasilnya dapat menyamarkan kamera depan di bawahnya dengan sempurna.

Menyembunyikan kamera depan sepenuhnya di bawah layar tanpa mengorbankan kualitas tentu bukan pekerjaan yang mudah. Lewat pengoptimalan algoritme kamera, Xiaomi menjanjikan kinerjanya akan sama seperti penggunaan kamera depan konvensional. Xiaomi juga turut mengadopsi desain sirkuit khusus untuk menyembunyikan lebih banyak komponen di bawah sub-piksel RGB untuk lebih meningkatkan transmisi cahaya dari area kamera under-display tersebut.

Sumber: DPreview

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter