Categories

Gadget

Prosesor Buatan Xiaomi Segera Debut di Xiaomi Meri atau Mi 5C?

Xiaomi Meri dan Mi 5C punya kemiripan, salah satunya adalah bekal dapur pacu berupa prosesor buatan Xiaomi sendiri

Bambang Winarso - 18 October 2016

Sebagai perusahaan perangkat yang terbilang muda, Xiaomi berhasil mematahkan anggapan banyak orang yang selama ini percaya bahwa perangkat murah identik dengan kualitas yang rendah. Pada kenyataannya, hampir sebagian besar perangkat Xiaomi dijual di bawah harga para rival, tapi sejauh ini ulasan yang didapat justru lebih positif. Selain itu, laris manisnya penjualan perangkat-perangkat Xiaomi menjadi salah satu indikator bahwa produk mereka sangat digandrungi, karena murah tapi bukan murahan. Peringkatnya di nomor tiga terbesar di dunia (2014) juga mempertegas itu.

Di sisi lain, Xiaomi pun sudah bekerja sama dengan banyak pihak terutama para pemasok komponen untuk perangkat-perangkatnya. Salah satunya adalah pemasok chipset. Ada dua nama yang selama ini menjadi pilihan Xiaomi, Qualcomm dan MediaTek. Namun sejak beberapa waktu lalu, Xiaomi dikabarkan berniat untuk mengembangkan chipset seorang sendiri dengan nama Pinecone SoC. Dan kini, sebuah bocoran sebuah perangkat mengindikasikan chipset buatan Xiaomi itu hanya tinggal menunggu waktu untuk diungkap.

Sebelumnya diyakini bahwa perangkat itu bakal menggunakan nama Xiaomi Mi 5C yang merupakan versi murah dari Mi 5S. Tapi, belakangan muncul benchmark terbaru yang menyebutkan sebuah perangkat bernama Xiaomi Meri. Nama ini memang lebih cocok disebut sebagai kode nama, bukan nama akhir yang bakal digunakan. Tapi, apakah perangkat ini berkaitan erat dengan Mi 5C yang santer dibicarakan? Belum tentu.

Berdasarkan dokumen benchmark, tampak bahwa Xiaomi Meri bakal hadir dengan dua komponen chipset yang berbeda. Mengindikasikan adanya kemungkinan dua varian smartphone, salah satunya menggunakan Pinecone SoC dan varian lainnya dengan chipset yang berbeda, mungkin Qualcomm atau MediaTek. Atau Xiaomi punya chipset kedua yang masih digembleng di dapur mereka.

Sementara itu, spek lainnya termasuk layar 5,46 inci dengan resolusi 1080p, grafis Mali—T860 dan RAM sebesar 3GB. Spek ini hampir semua dijumpai juga di spek Xiaomi Mi 5C. Jadi, menurut Anda apakah Xiaomi Meri dan Mi 5C adalah sama, atau dua perangkat yang sama sekali berbeda?

Sumber berita Slashgear, Gizmochina dan Digi. Gambar header ilustrasi Mi 5s.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter