10 December 2020

by Dimas Galih W.

Xiaomi Mi 10T, Mi TV 4 Bezelless, dan Mi Watch Tersedia Sebelum Natal 2020

Telepon, TV, dan Jam Pintar baru diperkenalkan secara serentak

Xiaomi kembali meluncurkan produk-produk terbarunya di penghujung tahun 2020. Produk yang diluncurkan kali ini adalah dua buah smartphone dan dua buah perangkat AIoT. Acara peluncurannya sendiri diadakan langsung pada kanal Youtube resmi Xiaomi Indonesia pada tanggal 8 Desember 2020. Lalu perangkat apa saja yang dikeluarkan?

Dua perangkat pertama adalah smartphone Mi 10T dan Mi 10T Pro. Kedua perangkat ini membawa layar dengan refresh rate 144 Hz dengan teknologi MEMC untuk mendongkrak frame rate. Kedua perangkat ini juga memiliki AdaptiveSync yang mengatur refresh rate sesuai kebutuhan. Jadi, layar tidak akan membuat boros baterai.

Mi 10T menggunakan kamera dengan resolusi 64 MP. Sedangkan seri Pro-nya kembali menggunakan kamera 108 MP yang digunakan pada Mi 10 dan Mi Note 10 Pro. Keduanya didampingi kamera ultra-wide 13MP dan kamera makro 5MP.

Keluarga Mi 10T menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 yang sama dengan Poco F2 Pro dan Mi 10. RAM yang digunakan adalah LPDDR5 dan teknologi penyimpanan UFS 3.1 sudah dihadirkan di sini. Keduanya juga mengusung baterai 5.000 mAh dan juga didukung fast charging 33W yang memiliki teknologi Middle Middle Tab (MMT)di mana akan melakukan pengisian yang dimulai dari tengah. Dan yang pasti, keduanya menggunakan dua SIM.

Selanjutnya, Xiaomi mengeluarkan dua buah smartwatch dan tiga buah TV pintar baru. Xiaomi Mi Watch dilengkapi fitur GPS, kompas, dan pengukur SpO2. Mi Watch yang bobotnya hanya 32 gram dan menggunakan panel AMOLED serta dilindungi oleh teknologi Corning Gorilla Glass 3. Baterainya sendiri bisa bertahan hingga 16 jam.

Xiaomi Mi Watch Lite datang dengan bobot 35 gram saja. Dengan kondisi baterai penuh, perangkat ini bisa digunakan hingga 9 hari. Berbeda desain dengan Mi Watch, versi Lite menggunakan model persegi dan bukan bundar. Versi Lite ini juga tidak memiliki pendeteksi SpO2.

Keduanya dicelupkan ke dalam air hingga 50 meter, sehingga tidak perlu dilepas sewaktu mandi, berenang hingga arung jeram. Mi Watch memiliki 117 latihan olahraga sementara Mi Watch Lite hanya bisa mengukur 11 jenis olahraga. Keduanya juga sudah mendukung penerimaan notifikasi dari smartphone.

Xiaomi juga memperkenalkan TV pintar baru dengan desain bingkai yang lebih tipis. Nama dari TV pintar tersebut adalah Mi TV 4 Bezel-less, dengan tiga ukuran yakni 32”, 43” dan 55”. Melihat dari namanya, tentu saja bingkai yang dimiliki akan lebih kecil dibandingkan dengan Mi TV 4 generasi sebelumnya.

Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K hadir dengan resolusi 4K mendukung HDR10+ serta layar berteknologi Quantum Dot LED dan memiliki sertifikasi Dolby Vision. TV ini juga memiliki 6 unit speaker dengan output 15W dilengkapi fitur Dolby Audio. Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K punya fitur Mi Quick Wake yang bisa menghidupkan televisi hingga siap ditonton dalam waktu 5-8 detik. Prosesor yang digunakan kali ini adalah quad-core MTK 9611.

Sama seperti generasi sebelumnya, Mi TV 4 Bezel-less 43" memiliki resolusi 1080P dan 32" dengan resolusi HD. Ketiganya menggunakan RAM 2 GB dan internal 32 GB. Hal ini tentu membuat pengguna tidak lagi harus menancapkan USB flash disk agar penyimpanan internalnya tidak penuh.

Xiaomi Mi 10T dijual dengan harga Rp. 5.999.000 dan Mi 10T Pro pada harga Rp. 6.999.000. Untuk Mi Watch dijual pada harga Rp. 1.599.000 dan Mi Watch Lite memiliki harga yang lebih murah yaitu Rp. 899.000. Untuk Mi TV 4 Bezel-less 55" dijual pada harga Rp. 7.999.000, 43" di harga Rp. 3.799.000, dan versi 32" pada Rp. 2.499.000.

Mi Watch dan Mi Watch Lite akan dijual di Shopee bersama Mi TV 4 Bezel-less 32”, Mi TV 4 Bezel-less 43” bisa didapatkan di JD.ID sementara Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K ditawarkan di Lazada. Pemesanan Mi 10T dan Mi 10T Pro dibuka sejak tanggal 10-14 dengan sejumlah manfaat sebelum dijual pada tanggal 15 Desember pukul 12.00 di JD.ID.

Mi TV 4 Discontinued?

Biasanya pada saat sebuah produk memiliki penerus, maka produk lama akan dihentikan produksinya. Hal ini tentu saja sudah lumrah dilakukan oleh setiap produsen. Namun ternyata, Xiaomi memiliki strategi berbeda untuk lini TV pintar terbaru mereka.

Alvin Tse, selaku Country Director Xiaomi Indonesia mengatakan bahwa Mi TV 4 Bezel-less merupakan versi premium dari Mi TV 4 yang sudah ada di pasaran. Dengan menggunakan bingkai yang lebih tipis, tentu saja harganya akan lebih tinggi dibandingkan dengan versi lamanya. Untuk mengakomodasi orang yang hanya ingin membeli TV pintar dengan ukuran layar yang besar saja, Xiaomi masih menyediakan Mi TV 4. Jadi untuk beberapa bulan ke depan, kedua lini produk ini akan masih dijual secara bersamaan.

Sekali lagi: IMEI aman?

Jika melihat dari kasus-kasus dari beberapa vendor, smartphone resmi masih ada yang belum bisa digunakan karena IMEI-nya masih belum terdaftar. Hal tersebut tentu saja membuat para pengguna menjadi tidak nyaman. Saya pun mendapatkan info ada beberapa perangkat Mi 10T yang ternyata tidak mendapatkan sinyal. Bagaimana tanggapan Alvin atas hal ini?

Alvin mengatakan bahwa Xiaomi selalu bekerja sama dengan pemerintah perihal IMEI ini dan mengetahui bahwa kapasita CEIR sedang ditingkatkan. Hal ini juga membuat beberapa perangkat akan tertunda pengenalan IMEInya dan hal ini bersifat sementara. Alvin juga meminta bagi mereka yang belum mendapatkan sinyal saat membeli Mi 10T bisa menghubungi Xiaomi secara langsung agar proses pendaftaran IMEI-nya bisa dipercepat.