Categories

Mobile

Mulai 3 Desember, Pengguna Xiaomi Mi 4 Bisa Cicipi ROM Windows 10 Mobile

Co-founder Xiaomi, Lin Bin membeberkan bahwa custom ROM Windows 10 Mobile untuk Mi 4 segera menyapa publik pada 3 Desember

Bambang Winarso - 2 December 2015

Vendor perangkat asal Tiongkok, Xiaomi pada hari Senin waktu setempat membeberkan kabar menggembirakan di mana mereka berencana untuk meluncurkan piranti lunak Windows 10 Mobile untuk jagoan andalan mereka, Mi 4, 3 Desember nanti. Bagi penggemar Android, tak diketahui pasti apakah ini merupakan kabar baik atau justru dianggap sebagai langkah yang keliru. Namun pengumuman ini bukan kejutan baru, pasalnya langkah ini merupakan tahap lanjutan pasca terjalinnya kerjasama antara Xiaomi dan raksasa software, Microsoft yang sudah dimulai kira-kira sembilan bulan yang lalu.

Disibaknya rencana ini disampaikan secara langsung oleh Lin Bin, Co-founder dan President Xiaomi melalui microblogging lokal, Weibo baru-baru ini. Dalam postingannya, Bin juga menyertakan sebuah gambar yang menampakkan Mi 4 berjalan dengan custom ROM Windows 10 Mobile.

Hal ini selaras dengan kabar sebelumnya. Sedikit mundur ke belakang, di bulan Maret lalu Microsoft pernah secara terbuka mengatakan telah menjalin kerjasama dengan Xiaomi untuk menjajal Windows 10 di ponsel unggulannya, Mi 4. Tak berselang lama, tepat di bulan Juni muncul bocoran perangkat yang dimaksud dengan custom ROM Windows 10 Mobile yang diklaim berjalan sangat baik.

Tak mengherankan, sebab dari segi perangkat kerasnya, Mi 4 mempunyai spesifikasi yang lebih dari cukup untuk melahap kebutuhan resource Windows 10 Mobile kendati berusia kurang lebih dua tahun. Ponsel ini dibalut layar 5 inci dengan jeroan Snapdragon 801 dan RAM 3GB. Dengan spesifikasi ini, secara teori seharusnya ponsel mampu menjalankan ROM Windows 10 Mobile tanpa masalah berarti. Tapi, pertanyaannya; apa ujung dari langkah “tak biasa” ini dan apa yang ingin dicapai oleh Microsoft dan Xiaomi? Jawabannya mungkin tidak ada kaitannya dengan profit secara langsung, melainkan lebih pada upaya Microsoft untuk memberikan percobaan gratis kepada pengguna Android agar mereka merasakan dahulu hebatnya Windows 10 Mobile.

Bagi pemilik Mi 4 yang tertarik mencoba Windows 10 Mobile, berita ini tentu jadi kabar baik, pasalnya mereka tidak harus membeli perangkat baru, cukup dengan melakukan flash ROM maka mereka sudah dapat mencicipi OS buatan Microsoft tersebut.

Sumber berita GSMArena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id