24 April 2015

by Bambang Winarso

Xiaomi Perkenalkan Mi 4i, Smartphone 5 Inci dengan Prosesor Octa Core dan Baterai Bongsor

Dalam sebuah acara besar di New Delhi, India, mantan eksekutif Google yang kini menjabat Vice President Global Xiaomi, Hugo Barra tampil di atas panggung untuk memperkenalkan jagoan barunya yang bernama Mi 4i, varian baru kembaran Mi 4 dan tersedia dalam berbagai pilihan warna-warna berani.

Dihadiri oleh lebih dari 1,500 Mi Fans di India, Xiaomi Mi 4i mengawali debut dengan sejumlah amunisi menjanjikan. Tampak luar, Mi 4i membawa layar Sharp/JDI 5 inci beresolusi 1080p Full HD dibalut unibody material polikarbonat atau plastik mewah yang dipoles dengan lapisan lembut anti gores serta mencegah sidik jari tertinggal.

Bila diputar ke bagian belakang ada kamera utama beresolusi 13MP dengan lensa f/2.0 dan dual tone flash, HDR dan sejumlah fitur fotografi modern lainnya. Mengakomodasi kebutuhan fotografi mobile, salah satu yang terbaik saat ini. Kemudian kembali ke bagian depan ada kamera 5MP dengan lensa f/1.8 yang mampu hasilkan foto selfie kinclong. Berkat sudut wide angle 80 derajat plus Beautify menjadikan aktivitas selfie makin optimal.

Info Menarik:Robobarista, Robot Pembuat Kopi dengan Kemauan untuk Belajar

Beranjak ke sisi jeroan, Xiaomi Mi 4i dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 615 generasi kedua dengan prosesor octa-core (delapan inti) yang mendukung komputasi 64-bit. Kedelapan inti tersebut merupakan kombinasi empat inti Cortex A53 lebih tinggi dengan kecepatan 1,7GHz bersama empat inti lainnya dengan kecepatan 1,1GHz yang lebih hemat daya.

Dukungan apik lainnya diberikan oleh komponen RAM 2GB untuk kebutuhan multi tasking, dipadukan dengan memori internal 16GB yang cukup lega untuk kebutuhan penyimpanan data. Xiaomi juga menyematkan dukungan dual 4G standy by guna memberikan sambungan data terbaik kepada pengguna.

Keistimewaan lain dari Xiaomi Mi 4i ini terletak pada ketersediaan komponen-komponen yang dimilikinya merupakan pasokan dari tiga vendor terbaik di dunia yakni Qualcomm, Samsung dan Sony.

Xiaomi juga menggandeng Foxconn untuk memproduksi motherboard dengan ukuran yang minimalis sehingga memberikan ruang lebih bagi peningkatan komponen lainnya. Alhasil, Xiaomi Mi 4i dapat menampung komponen baterai yang 38% lebih bertenaga dibanding ponsel pintar seukuran lainnya bahkan 72% lebih bongsor daripada baterai iPhone 6. Yap, dengan baterai 3.120mAH, Xiaomi Mi 4i mampu bertahan 1,5 hari dengan pemakaian normal.

Info Menarik:Windows 10 Technical Preview Build 10052 Tersedia Untuk Ponsel

“Mi 4i adalah smartphone yang luar biasa dan saya percaya bahwa Mi Fans akan langsung menyukainya. Kami telah menjalin kerjasama erat dengan pemasok global terkemuka untuk menghadirkan komponen-komponen terbaik dan juga berkolaborasi dengan Foxconn untuk memastikan presisi dan kualitas tertinggi guna menghadirkan Mi 4i sebagai ponsel ultra-compact terbaik kami.” Pungkas Hugo Barra, Vice President Global Xiaomi.

Berbekal Android 5.0 Lollipop yang dipoles ala MIUI 6, Xiaomi Mi 4i akan dijual di India mulai 30 April mendatang dengan banderol Rs 12,999 atau setara Rp 2,6 juta-an. Ada beberapa pilihan warna yang dapat dipesan mulai hitam, putih, oranye, biru dan pink. Setelah india, Mei mendatang Mi 4i juga akan mulai dihadirkan di pasar Xiaomi lainnya seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Indonesia.

Sumber berita Mi dan Flipkart.