Xiaomi Mi 5X Dipastikan Debut 26 Juli, Didampingi oleh MIUI 9

Xiaomi Mi 5X tampak mempunyai sensor sidik jari di belakang yang dibalut material logam

Beberapa saat setelah Xiaomi Mi 5 debut, muncul beberapa model yang melengkapi jajarannya, antara lain Mi 5S dan Mi 5S Plus kemudian Mi 5C. Ada dua seri lain yang kemungkinan besar juga bakal menyusul ketiga seniornya itu, yakni Mi 5A dan Mi 5X.

Varian Mi 5A belum terdengar kabar beritanya, tapi untuk varian Mi 5X, selain rumor yang datang dari pihak ketiga, Xiaomi sendiri juga sudah mulai memberikan bocoran sedikit demi sedikit. Yang terbaru, Xiaomi merilis poster promosi yang menampilkan bagian punggung perangkat, nama dan juga peluncuran interface terbaru, MIUI 9 yang akan diresmikan pada tanggal 26 Juli mendatang. Dari foto yang terpampang di poster, tampak smartphone mempunyai sensor sidik jari di bagian belakang. Komponen body-nya terbuat dari metal solid seperti model aslinya.

Hanya informasi itu yang sejauh ini bisa kita simpulkan dari teaser di atas. Sementara mengenai spesifikasi Mi 5X kita hanya bisa mengetahuinya dari rumor-rumor yang beredar sebelumnya. Dikatakan, Xiaomi Mi 5X menampilkan layar 5,5 inci dengan resolusi 1080p yang ditopang oleh chipset Snapdragon 625 bersama RAM 4GB.

Sisi interface bakal menjadi sajian paling menarik lainnya, di mana Xiaomi diyakini bakal meresmikan MIUI 9 sebagai penerus dari MIUI 8. Custom interface terbaru ini sudah mengadopsi OS asli Nougat yang diracik ulang dengan warna khas Xiaomi. Tapi tampaknya Xiaomi menyimpan setiap detail kejutan di acara resminya nanti.

Sumber berita PhoneArena, Twitter dan header ilustrasi Mi 5S