Xiaomi akhirnya ikut bergabung dalam liga kecil pabrikan perangkat yang memproduksi smartphone Android One, program inisiasi smartphone murah untuk pasar berkembang. Tapi mari singkirkan dulu antusiasme berlebihan Anda, karena smartphone Mi A1 dan Mi 5X sejatinya adalah smartphone yang sama tapi dibalut nama berbeda. Sehingga kemudian sejumlah orang bertanya-tanya apakah mungkin melakukan port ROM Mi A1 ke smartphone Mi 5X.

Tak butuh waktu lama untuk menjawab pertanyaan itu. Karena sebuah tim pengembang yang menamkan dirinya HeliOus sukses melakukan port ROM Mi A1 sehingga memungkinkan untuk dipasang ke Mi 5X. Dan ini bukan versi beta, melainkan sudah versi stabil yang artinya sudah bisa digunakan tanpa banyak masalah berarti.

Tetapi tentunya untuk melakukan pemasangan ROM, Anda harus melewati beberapa proses yang tidak mudah serta resiko kegagalan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka bootloader dan memasang TWRP. Selanjutnya, unduh berkas ROM dan simpan di memori internal Mi 5X. Ukuran berkasnya sendiri sebesar 1,2GB. Kemudian pengembang juga menyertakan dokumentasi pelengkap berisikan tutorial pemasangan ROM dari awal hingga akhir. Silahkan dibaca di sini.

Mi A1 menyuguhkan layar 5,5-inci Corning Gorilla Glass 2.5D dengan resolusi full-HD, disematkan pada tubuh ergonomis bermaterial aluminium. Ia diotaki oleh chip Snapdragon 625 (CPU octa-core Cortex A-53 2GHz dan GPU Adreno 506), yang dibantu RAM 4GB, ROM 64GB, dan ditenagai baterai 3.080mAh. Di India, Xiaomi Mi A1 dibanderol seharga INR 15 ribu atau kisaran US$234.

Mi A1 ini seperti sudah diketahui mengusung sistem operasi murni Android seperti halnya Google Pixel. Bedanya, Xiaomi membenamkan beberapa aplikasi khas MIUI untuk memberikan warna berbeda. Perangkat juga dipastikan bakal memperoleh update ke Android 8.0 Oreo atau mungkin juga ke Android P saat waktunya tiba nanti.

Sumber berita GSMArena dan MIUI.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.