14 December 2016

by Bambang Winarso

Xiaomi Mi Electric Scooter, Skuter Listrik dengan Tombol Lipat Praktis

Xiaomi Mi Electric Scooter mulai dipasarkan di Tiongkok pada tanggal 15 Desember 2016

Xiaomi yang dikenal memiliki katalog super lengkap di industri elektrik, mulai dari ponsel hingga penyedot debu kembali melahirkan perangkat transportasi personal. Diperkenalkan di Tiongkok, Mi Electric Scooter resmi memulai debut dengan tanggal peluncuran pada 15 Desember 2016 waktu setempat.

Mi Electric Scooter mempunyai tampilan yang hampir sama dengan skuter dorong konvensional. Bedanya, alat ini tenagai baterai lithium-ion berkapasitas 280Wh buatan LG yang mampu memacu skuter hingga 25 kilometer per jam. Dengan kapasitas tersebut, skuter mampu menempuh jarak sejauh 30km sebelum perangkat kembali membutuhkan pasokan daya.

Yang tak kalah keren, skuter juga memiliki teknologi KERS atau kinetic energy recovery system yang mengubah energi kinetik dari proses pengereman dan gerakan menjadi energi listrik dan menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik. Sedangkan untuk memberi rasa aman, skuter dilengkapi dengan sistem dual-brake. Roda depan memiliki sistem anti-lock E-ABS, sedangkan roda belakang menggunakan rem cakram mekanik.

Xiaomi Mi Electric Scooter dirancang dari aluminium sekelas bahan pesawat dengan bobot 12.5kg. Menariknya, perangkat ini bisa dilipat hanya dengan menekan sebuah tombol. Xiaomi mengklaim akan membutuhkan waktu hanya 3 detik untuk melipat secara sempurna, yang berarti Anda dapat dengan mudah menyimpan atau membawa skuter.

Skuter Xiaomi juga cukup pintar dengan adanya dukungan nirkabel yang memungkinkan perangkat dikendalikan menggunakan smartphone pendamping. Pengguna dapat dengan mudah menghubungkan Mi skuter listrik ke sebuah aplikasi. Setelah terhubung, pengguna dapat mencatat kebiasaan berkendara, kecepatan, dan daya tahan baterai, dan lain-lain.

Sumber berita Xiaomi.