Tanggal 12 September besok, Apple bakal mengungkap iPhone generasi anyar yang digadang-gadang mengusung desain baru dengan layar nyaris tanpa bezel. Sebelum itu terjadi, Xiaomi tampaknya ingin lebih dulu mencuri perhatian lewat sekuel dari Mi Mix yang diperkenalkan hampir setahun silam.

Sama seperti pendahulunya, Xiaomi Mi Mix 2 juga mengemas layar hampir tanpa bezel. Namun tidak seperti ponsel lain macam Galaxy Note 8 atau LG V30, Mi Mix 2 masih mempertahankan desain khas pendahulunya yang hanya memiliki bezel bagian bawah saja, dan sekali lagi kamera depannya yang beresolusi 5 megapixel juga diposisikan di bawah.

Xiaomi Mi Mix 2

Xiaomi bilang bahwa penyempurnaan desain Mi Mix 2 dicapai lewat bezel bawah yang bahkan lebih kecil lagi dibandingkan Mi Mix orisinil, tepatnya menyusut sampai 12%. Tak hanya itu, dimensinya secara keseluruhan juga lebih ringkas sekitar 11,9 persen dibanding Mi Mix. Semuanya demi membuat Mi Mix 2 terasa lebih nyaman dalam genggaman.

Ukuran layarnya sendiri juga menyusut menjadi 5,99 inci, dengan resolusi 2160 x 1080 pixel (aspect ratio-nya 18:9), tapi keempat sudutnya kini dibuat melengkung sehingga tampak lebih cantik. Spesifikasinya jangan ditanya, sebab hampir semua komponen smartphone kelas yang paling atas ada di sini, yang mencakup chipset Snapdragon 835 dan RAM 6 GB.

Xiaomi Mi Mix 2

Panel belakang Mi Mix 2 menjadi hunian kamera tunggal beresolusi 12 megapixel yang dikitari oleh cincin yang terbuat dari emas 18 karat, diikuti oleh sensor sidik jari di bawahnya. Xiaomi bilang kalau kamera ini sama persis seperti kamera utama Mi 6, yang memadukan sensor Sony IMX386, lensa f/2.0 dan optical image stabilization (OIS) 4-axis.

Fitur lain Mi Mix 2 meliputi sistem operasi Android 7.1 Nougat dengan skin MIUI 9, konektivitas Bluetooth 5.0 dan baterai 3.400 mAh yang mendukung Quick Charge 3.0. Mi Mix 2 bakal dijajakan seharga 3.299 yuan untuk varian berkapasitas 64 GB, 3.599 yuan untuk 128 GB, dan 3.999 yuan untuk 256 GB. Tersedia pula Mi Mix 2 Special Edition yang mengemas bodi keramik utuh dan mengemas RAM 8 GB serta storage 128 GB seharga 4.699 yuan.

Xiaomi Mi Note 3

Xiaomi Mi Note 3

Event kali ini terasa seperti deja vu. Pasalnya, tahun lalu Xiaomi memperkenalkan Mi Mix dan Mi Note 2, dan tahun ini rupanya giliran Mi Note 3 yang hadir mendampingi Mi Mix 2. Lucunya, Mi Note 3 malah lebih pantas disebut sebagai varian jumbo Mi 6 karena desainnya yang amat identik, terkecuali ukuran layarnya lebih besar di angka 5,5 inci, plus spesifikasinya lebih inferior.

Lebih inferior karena meskipun mengusung RAM 6 GB, Mi Note 3 hanya mengemas chipset Snapdragon 660, bukan seri 8 yang notabene merupakan kelas tertinggi. Meskipun Snapdragon 660 adalah generasi baru, saya ragu performanya bisa mengalahkan Snapdragon 821 yang terdapat pada Mi Note 2 karena berbeda kelas dan hanya terpaut satu generasi saja.

Xiaomi Mi Note 3

Terlepas dari itu, perubahan terbesar Mi Note 3 dari Mi Note 2 adalah kehadiran modul kamera ganda di belakangnya. Sepasang kamera 12 megapixel ini sama persis seperti yang terdapat pada Mi 6, lengkap hingga OIS 6-axis. Yang berbeda, bagian depannya dihuni oleh kamera 16 megapixel dengan fitur pengenal wajah berbasis artificial intelligence (AI).

Sama seperti Mi Mix 2, Mi Note 3 turut menjalankan OS Android Nougat dengan skin MIUI 9, mengemas Bluetooth 5.0 dan baterai 3.500 mAh yang juga mendukung Quick Charge 3.0. Harganya dipatok 2.499 yuan untuk kapasitas 64 GB, 2.899 yuan untuk 128 GB, dan 2.999 yuan untuk 128 GB namun dalam balutan warna biru.

Update: Tambahan foto-foto resmi Mi Mix 2 Special Edition dan Mi Note 3.

Sumber: Xiaomi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.