Categories

Gadget

Xiaomi Luncurkan Spion Tengah Mobil yang Canggih, Bikin Berkendara Makin Aman

Mi Smart RearView Mirror dilengkapi kamera dan dapat terintegrasi dengan speaker atau gadget rumah pintar

Bambang Winarso - 29 March 2018

Makin populer di ranah mobile membuat Xiaomi makin leluasa melebarkan sayapnya ke berbagai kategori bisnis lainnya. Selain merambah industri rumah pintar, elektronik, produk personal dan komputer, Xiaomi juga mulai menggarap sektor otomotif meski baru sebatas aksesoris. Mengadopsi desain generasi pertamanya, Xiaomi resmi meluncurkan spion tengah mobil generasi kedua, Mi Smart RearView Mirror.

Hampir serupa dengan generasi pertama, Mi Smart RearView Mirror dibalut warna dominan hitam dan dilengkapi layar 6,86 inci dengan resolusi 1280×480. Bila dibandingkan, layar ini relatif lebih mungil dari seri pertama namun dengan desain yang lebih disempurnakan sehingga terlihat lebih menarik.

Di bagian belakang dan depan perangkat terdapat kamera buatan Sony dengan seri IMX291 yang bertanggung jawab untuk menangkap gambar bahkan dalam kondisi cahaya yang minimum. Sensor ini menggunakan enam set lensa kaca bundar. Masing-masing dari mereka mempunyai 9 lapisan coating. Kamera ini mempunyai bukaan lebar, f/1.8 dan sudut tangkapan sampai dengan 150 derajat. Konfigurasi ini memungkinkan kamera untuk mengabadikan apa yang ada di depan kendaraan dengan sudut dan pencahayaan yang ideal.

Kedua kamera ini dapat bekerja secara mandiri baik bergantian atau secara bersamaan, memantau kondisi jalan dan menggunakan informasi tersebut sebagai acuan bagi sistem ADAS (Advanced driver assistance systems) yang tersemat di dalamnya untuk meningkatkan keamanan saat berkendara.

Lebih dari sekadar alat bantu layaknya spion mobil konvensional, Mi Smart RearView Mirror dibekali teknologi ADAS atau Advanced driver assistance systems yang menawarkan beberapa asistensi pintar, misalnya FCW (Forward Collision Warning), PVS (Preceding Vehicle Starting), dan LDW (Lane Departure Warning). Dengan teknologi pintarnya, perangkat akan secara otomatis menyimpan video sebelum dan sesudah tabrakan, kemudian menontonnya kembali baik via layar perangkat atau menggunakan aplikasi pendamping melalui smartphone.

Menariknya, perangkat ini juga dapat terintegrasi ke speaker Small Love AI sehingga mampu menerima input perintah suara. Misalnya, menjepret foto atau merekam video, meningkatkan atau menurunkan volume, dan bahkan terhubung ke perangkat rumah pintar lainnya.

Sumber berita Gizmochina.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter